Walikota Dumai Lantik Pengurus LPTQ Kota  


riaupotenza.com
Walikota Dumai H Zulkifli AS dan Forkopimda kota Dumai photo bersama dengan pengurus LPTQ kota Dumai usai dikukuhkan di masjid Agung Al Manan kota Dumai

DUMAI (RPZ)- Bertempat di Masjid Raya Al Manan Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai, Walikota Dumai H Zulkifli AS Senin (16/4) kemarin melantik Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Dumai Periode Periode 2018-2021 yang diketaui oleh H M Nasir MP yang juga Sekretaris Daerah Kota Dumai. Kegiatan ini juga dihadiri oleh forum koordinasi Pimpinan daerah Kota Dumai, DPRD Dumai, tokoh agama, adat dan ratusan undangan lainnya.

Walikota Dumai H Zulkifli AS dalam sambutannya mengatakan, lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) sangat perlu dan mempunyai arti yang sangat penting sekali, terutama upaya kita semua  untuk menggembleng para Qori dan Qoriah dalam mempelajari seni baca Alqur’an. '' Selain itu, lembaga ini juga berfungsi untuk melestarikan dan mencari cara-cara terbaik dalam memahami, menghayati dan mengamalkan petunjuk Kitab Suci Al-Quran sebagai pedoman kehidupan kita sehari-hari'' ujar Zul AS.

Dalam kaitan dengan proses perobahan dinamika kehidupan pada masa akhir zaman ini kata Walikota Dumai, dimana kecanggihan teknologi informasi nyata-nyata bukan hanya memberikan manfaat, namun banyak pula mudhoratnya, maka usaha yang dilakukan oleh LPTQ dalam memasyarakatkan Al Quran dilingkungan masyarakat Islam harus terus kita dukung.

Dalam kaitan inilah ujarnya, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) sebagai salah satu lembaga yang bertanggung jawab dalam hal ini harus melakukan kegiatannya sejak dari bawah, bahkan perlu didorong dari kelompok terkecil yaitu keluarga. Tradisi mengaji selepas maghrib harus senantiasa dilestarikan dengan menggunakan metode yang disesuaikan dengan perkembangan metode pendidikan dan pengajaran dalam berbagai tingkat usia''imbuhnya.

'' Kenapa saya menekankan masalah melestarikan tradisi mengaji yang telah melembaga dalam masyarakat, karena menurut pengamatan saya  kebiasaan tersebut tidak lagi semeriah dibanding masa-masa yang lalu. Lebih-lebih diperkotaan keadaannya telah sama-sama kita rasakan''kata Zul AS. 

Untuk itu kata Walikota Dumai H Zulkifli AS, jelas, betapa berat tugas  selaku pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Dumai yang terbentuk ini,  sebagaimana dibebankan oleh Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No.182A dan No. 48 Tahun 1988 tentang pengembangan Organisasi LPTQ.  

'' Para pengurus terpilih hendaklah memahami tupoksinya masing-masing, sebagaimana yang dijabarkan dalam Keputusan Walikota Dumai Nomor 297/ADM-KESRA/2018 Tentang Pembentukan Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kota Dumai Periode 2018-2021. Hal ini penting mengingat segala bentuk tugas, fungsi dan tanggungjawab masing-masing pengurus telah dijabarkan dengan jelas melalui Keputusan tersebut''jelasnya.(mdi)