Trayek Speed boat Penyalai - Pangkalan Kerinci Dirubah


riaupotenza.com
Kadishub Pelalawan T Ridwan Mustafa, MH 

PANGKALANKERINCI-Selama ini masyarakat yang biasa menggunakan transportasi sungai, khususnya speedboat tujuan Kuala Kampar-Pangkalan Kerinci dermaganya di jembatan Nilo, Pangkalan Kerinci.  Tapi, tak lama lagi  trayek tersebut serta sejumlah trayek lainnya lagi bakal berubah. Hal ini seiring meningkatnya kwalitas jalan Lintas Bono serta terjadinya penurunan jumlah penumpang.

     ‘’Belum ada trayek yang dialihkan, baru usulan operator speedboat. Memang ada rencana trayek speed dirubah,’’jelas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pelalawan T Ridwan Mustafa,MH, Senin (16/4).

   Rencana pengalihan trayek speedboat yang sempat dibahas dan dilakukan koordinasi dengan sejumlah pihak lanjut mantan Sekwan DPRD Pelalawan ini, trayek yang  semula dari Penyalai (Kuala Kampar,red)  ke Pangkalan Kerinci  menjadi Penyalai-Pulau Muda atau Teluk Meranti.

     ‘’Kalau selama ini kan ada speedboat langsung Pangkalan Kerinci-Penyalai. Namun itu direncanakan dialihkan. Hal ini disebabkan penumpang arah ke Pangkalan Kerinci, lebih condong untuk mempergunakan transportasi darat, karena meningkatnya kwalitas Jalan Lintas Bono,’’ungkapnya.

    Jadi, jika rencana pengalihan jalur transportasi ini ditukar, maka masyarakat dari Pangkalan Kerinci yang akan ke Kuala Kampar harus menggunakan transportasi darat (travel,red) dari Pangkalan Kerinci langsung ke Teluk Meranti atau dermaga Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti. Baru setelah sampai di Teluk Meranti atau Pulau menggunakan speedboat menuju Kuala Kampar.

    Begitu juga sebaliknya, jika penumpang dari Kuala Kampar menuju Pangkalan Kerinci yang biasanya bisa langsung mendarat di pelabuhan Nilo, tapi harus transit di pelabuhan Pulau Muda atau Teluk Meranti seterusnya melanjutkan perjalanan tujuan Pangkalan Kerinci atau Pekanbaru menggunakan travel. Sudah sejak lama, transportasi darat ini sudah berjalan, apalagi Jalan Lintas Bono sudah semakin nyaman untuk dilintasi hingga ke Desa Pulau Muda.

     Kendati sudah berjalan sejak cukup lama, namun belum dipastikan trayek ini diresmikan oleh Pemkab Pelalawan.amr