BC Meranti Amankan Kapal Berbendera Taiwan


riaupotenza.com
Kapal Berbendera Taiwan yang diamankan oleh Jajaran Bea dan Cukai Bengkalis di Pelabuhan PT Pelindo I Selatpanjang

SELATPANJANG(RPZ)-Jajaran Bea dan Cukai Bengkalis, Pos Bantu Kepulauan Meranti, amankan satu unit kapal asing berbendera Negara Taiwan.

Dihimpun wartawan, kapal yang diamankan itu disinyalir sempat berkeliaran di perairan Pulau Rangsang, Kepulauan  Meranti, Riau, Minggu (15/4/18) sekira Pukul 18.00 WIB. 

Dari pantauan, saat ini kapal yang bertuliskan Da Wei No.13 CT-264, serta atas dek kapal yang tertera kode BJ4649 tersebut, diamankan jajaran Bea dan Cukai tepat di Pelabuhan PT Pelindo (Persero) I Selatpanjang. 

Keberadaan kapal itu juga dijaga ketat oleh jajaran Bea dan Cukai Bekalis di semua sudut. Sementara arah laut, kapal tersebut dipepet oleh Kapal Patroli BC15046.

Dari luar isi dek atas kapal juga tampak dilengkapi peralatan tangkap ikan, pelampung dan berapa jaring.

Selain jajaran Bea dan Cukai Bengkalis, Sekira Pukul 20.13WIB juga terlihat Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kepulauan Meranti Suharto, memantau keberadaan kapal. 

Menurutnya, kedatangannya saat itu hanya memantau keberadaan kapal. Ketika ditanya secara mendalam tekait keberadaan kapal, Harto mengaku enggan berkomentar. 

"Inikan tangkapan Bea dan Cukai, saya hanya memantau saja. Saya tidak bisa berkomentar. Cuba konfirmasi langsung ke keintansi terkait," unjarnya. 

Tidak hanya sampai disitu, awak media juga berusaha menghubungi Kepala Kantor Bantu Pengawas, Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Bengkalis di Selatpanjang Hengki, melalui telphone genggam, namun nomor tujuan tidak aktif.

Hingga berita ini diterbitkan, kapal berbendera Taiwan ini masih bersandar di Pelabuhan I Selatpanjang, Kepulauan Meranti Riau. Belum ada keterangan resmi dari instansi terkait.(wira)