Diskes Paparkan Rencana Strategis Bidang Kesehatan


riaupotenza.com
Mewakili Bupati Bengkalis, Plt. Kadiskes Bengkalis Supardi, hadiri Medical Gathering and Social Event dan Bakti Sosial and Camp, Sabtu (14/4/18) di Pantai Indah Selatbaru, Kecamatan Bantan.(sukardi)

BENGKALIS (RPZ) — Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis, Supardi, Sabtu (14/4/2018) kemarin mengatakan,  kondisi geografis serta kondisi ekonomi masyarakat Kabupaten Bengkalis saat ini dan kondisi keuangan daerah yang  tidak stabil senantiasa mengalami devisit anggaran, pasti sangat berpengaruh pada dunia kesehatan.

“Kami Pemerintah Daerah akan terus berupaya dan senantiasa meningkatkan taraf hidup sehat masyarakat, melalui peningkatan pusat pelayanan kesehatan di Desa, Kecamatan dan Kabupaten untuk menyediakan serta melengkapi sarana dan prasarana kesehatan di Negeri Junjungan ini,”ungkap Supardi, saat menghadiri Medical Gathering and Social Event dan Bakti Sosial and Camp, Sabtu (14/4/18) di Pantai Indah Selatbaru, Kecamatan Bantan yang ditaja Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Koordinator Wilayah (Korwil) Bengkalis.

Menurut Supardi, pemerintah dan tenaga kedokteran harus bergandeng tangan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program dan kegiatan yang telah dituangkan dalam rencana strategis Kabupaten Bengkalis.

Diantara rencana strategis dimaksud meliputi peningkatan akses dan mutu pelayanan, dengan pemenuhan pelayanan kesehatan dasar, termasuk layanan kesehatan rujukan bagi seluruh masyarakat yang didukung dengan kemudahan akses baik jarak maupun pembiayaan.

Ia pun menjelaskan, kegiatan Medical Gathering and Social Event dan Bakti Sosial and Camp merupakan wadah para Dokter Kabupaten Bengkalis, untuk bersilaturahmi dalam mempersatukan persepsi,  dan mempersatukan gerakan demi kemajuan dunia kedokteran dan kesehatan masyarakat.

“Dokter, merupakan mitra masyarakat dalam penyembuhan penyakit baik internal maupun eksternal. Melalui kegiatan ini, tentu banyak yang bisa diberikan oleh para dokter kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis, terutama pada bidang kesehatan dengan memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat, penyuluhan kesehatan remaja, penyuluhan kesehatan ibu dan anak, dan perilaku hidup sehat,”jelasnya.

Pemerintah daerah juga akan memfokuskan percepatan pembangunan kesehatan di daerah tertinggal perbatasan dan kepulauan agar mendapatkan kesempatan yang sama dalam pelayanan kesehatan, mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan kualitas manusia yang sehat (fisik, mental, sosial) dan mengurangi angka kesakitan.

Kegiatan kemarin juga ditandai dengan bakti sosial (baksos) pengobatan gratis nantinya akan dilaksanakan di SMPN 3 Bantan Tengah, jam 08.00-14.00 Wib. Dengan pengobatan gratis, cek kadar gula, kolestrol, asam urat dan USG.(kar)