Warga Talang Mamak Siap Sukseskan Pilgubri


riaupotenza.com
Ketua KPU Riau Dr Nur Amin, MH, sosialisasi Pilgubri 2018 dihadapan komunitas warga Talang Mamak di Desa Talang Gedabu Kecamatan Rakitkulim Kabupaten Inhu

RAKIT KULIM (RPZ) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar Sosialisasi Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018 kepada warga Talang Mamak, Kecamatan Rakitkulim, Kamis (12/4) di Desa Talang Gedabu. Sosialisasi itu dihadiri langsung oleh Ketua KPU Provinsi Riau, Dr Nur Amin MH bersama sejumlah Komisioner KPU Provinsi Riau lainnya.  
 
Kehadiran Ketua KPU Riau itu turut didampingi langsung Ketua KPU Kabupaten Inhu, Muhammad Amin MSi beserta Komisioner KPU Inhu lainnya, Ketua PPK Kecamatan Rakitkulim, Elza Peldi Indra beserta anggota PPK lainnya, Ketua dan Anggota PPS Desa Talang Gebabu dan sejumlah anggota PPS se-Kecamatan Rakitkulim. Selain itu juga hadir Kasub Sektor Polsek Kelayang Bripka Ridwansyah Nst dan Bhabinkamtibmas Desa Talang Gedabu Brigadir Ibnu Hajar SH.
 
Ketua KPU Riau, Dr Nur Amin MH menyebutkan, harapannya dengan diadakannya kegiatan sosialisasi, masyarakat Talang Mamak di Kecamatan Rakitkulim Kabupaten Inhu bisa memaksimalkan ikhtiar KPU Inhu dalam mensosialisasikan Pilgubri 2018. 
 
“Saya berharap sosialisasi ini dapat menciptakan Pemilu yang aksesibel, yaitu pemilu yang memungkinkan setiap warga negara bisa memenuhi hak pilihnya secara bebas dan rahasia hingga ke masyarakat yang paling bawah, khususnya komunitas warga Talang Mamak di Kabupaten Inhu,” ujar Amin kepada riaupotenza.com.
 
Ia pun menerangkan hal-hal apa saja yang diperlukan untuk menciptakan pemilu yang aksesibel untuk memastikan bahwa setiap aspek aksesibilitas dalam pemilu terpenuhi. 
 
‘’Sosialisasi ini upaya kami (KPU, red) menyadarkan betapa pentingnya hak suara mereka dalam pemilu. Salah satu ciri Pemilu yang berintegritas adalah partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam seluruh rangkaian tahapan Pemilu. Hal ini untuk menjamin agar rakyat berdaulat,’’ ungkapnya. 
 
Ditegaskan Amin, peran warga negara dalam Pemilu tak hanya  memberi suara, tetapi juga melakukan berbagai peran berbeda pada seluruh tahapan Pemilu. Ia pun menjabarkan, sosialisasi itu sendiri ditujukan untuk menyebarluaskan informasi mengenai tahapan, jadwal dan program pemilihan, meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan, meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan. 
 
‘’Terutama kepada warga Talang Mamak agar menumbuhkan kesadaran mereka betapa pentingnya mereka untuk menyuarakan hak pilih mereka pada Pilkada Serentak 2018 nanti,’’ paparnya. 
 
Diakuinya, sosialisasi kepada warga Talang Mamak mengenai Pemilu dinilai amat penting untuk menumbuhkan kesadaran bahwa mereka mempunyai hak politik untuk memilih dan dipilih. Karena kebanyakan dari  komunitas mereka cenderung acuh terhadap hak suaranya.
 
‘’Maka dari itu , KPU  sebagai penyelenggara mengimbau kepada Batin atau tetua Komunitas Warga Talang Mamak maupun Agen Komunitas Warga Talang Mamak untuk  mensosialisasikan hasil acara ini kepada yang lainnya. Mereka harus memilih mereka memiliki tanggungjawab penuh untuk memilih pemimpinnya,’’ tegas Amin.
 
Setelah penyampaian dari Ketua KPU Riau dan narasumber lainnya, acara sosialisasi pun berlanjut dengan tanya jawab dengan sejumlah warga Talang Mamak terkait pemilu dan kemudian ditutup. Terlihat juga ada pemberian hadiah atau bingkisan dari KPU Riau kepada beberapa warga Talang Mamak yang telah melakukan pertunjukan adatnya seperti Badondong.asr