Jembatan Anak Talang Nyaris Ambruk


riaupotenza.com
RUSAK PARAH-Kondisi terkini jembatan di Desa Anak Talang rusak parah usai diterjang banjir.

BATANGCENAKU (RPZ) - Sejak Ahad (7/4), Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diterjang banjir. Akibatnya, jembatan yang merupakan akses utama masyarakat Desa Anak Talang rusak parah dan nyaris ambruk.
 
Sebelumnya, pondasi jembatan bergeser lantaran diterjang banjir. Kini, giliran oprit penghubung antara jembatan dengan jalan menganga. Posisi kontruksi jembatan sebagian sudah bergeser. Sehingga tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan roda empat, terlebih yang bermuatan lebih dari 5 ton.
 
Menyikapai hal itu, Kepala Desa Anak Talang, Rohman Janidir SPd menyebutkan, sebelum diterjang banjir, kondisi jembatan memang sudah dalam kondisi darurat.
 
‘’Memang sebelum banjir kondisi jembatan sudah memprihatinkan juga. Cuma, dengan diterjang banjir, kondisi jembatan semakin parah dan sulit dilalui. Terlebih, landasan jembatan yang hanya terbuat dari balok kayu dan papan,’’ ujar Rohmah.
 
Diakuinya, keluhan warga terkait kondisi jembatan yang merupakan akses utama transportasi itu telah disampaikan ke Dinas PU Kabupaten Inhu. Hanya saja, hingga kini belum ada tanggapan instansi terkait.
 
‘’Kami berharap pemerintah bisa tanggap menyikapi persoalan masyarakat. Apalagi, jembatan ini merupakan akses utama masyarakat. Kami juga meminta anggota DPRD asal Batang Cenaku bisa mendengar aspirasi masyarakat ini dengan menjembatani apa yang diinginkan masyarakat kepada pemerintah. Sehingga, bisa dicarikan solusi terbaik,’’ sebutnya.ono/har