812 Rumah di Inhu Terendam Banjir


riaupotenza.com
TERENDAM BANJIR-Salah satu rumah warga di Inhu yang terendam banjir akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi, beberapa hari terakhir.

INHU (RPZ) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) meriliskan data korban bencana banjir yang terjadi di Kota Kedondong (julukan Kabupaten Inghu) pada sepekan terakhir. Berdasarkan data tersebut, ratusan rumah terendam banjir dan akses jalan rusak. Bahkan, sekolah-sekolah tak luput dari genangan air.
 
Kepala BPBD Inhu. Indra T menjelaskan, untuk Kecamatan Peranap di Desa Pematang sebanyak 10 rumah terendam banjir dan Desa Pematang Benteng sebanyak 35 rumah. Kemudian, di Desa Setako Raya 259 rumah terendam banjir dan Desa Pauh Ranap sebanyak 59 rumah.
 
‘’Di Kecamatan Kelayang, Desa Pulau Sengkilo ada 10 rumah yang terendam banjir. Selain itu akses jalan yang penghubung antar Desa Kota Medan, Pulau Sengkilo. Dusun Tua Pelang, Teluk Sejua dan Desa Pasir Beringin terputus,’’ ujar Indra.
 
Lebih lanjut, di Kecamatan Batang Cenaku, tepatnya Desa Anak Talang, Desa Kepayang Sari dan Kilan sebanyak 50 rumah terendam banjir. Selain itu banjir juga merusak Jembatan Desa Anak Talang dan juga memutus akses Jalan Raya kilan.
 
Sedangkan di Kecamatan Seberida, tepatnya di Desa Bandar Padang sebanyak 350 rumah dan 1 TK serta SD 003 Beligan terendam banjir. Lalu di Kelurahan PangkalanKasai, tepatnya Dusun Aur Kuning 53 rumah terendam banjir, di Simpang Tiga sebanyak 31 rumah dan SDN 001 Seberida juga turut digenangi air.
 
‘’Terakhir, Kecamatan Rakit Kulim. Banjir memutus akses jalan Desa Kuantan Tenang serta jalan penghubung Desa Batu Sawar dengan Desa Petonggan. Total, ada 813 rumah di Inhu yang terendam banjir,’’ ucap Indra.*/kus