Unik, Sekolah Ini Izinkan Pakai Rok


riaupotenza.com

RUTLAND (RPZ) -- Di Indonesia, seorang siswa laki-laki yang memakai rok ke sekolah pasti bakal jadi korban bullying teman-temannya. Sedangkan orang dewasa akan langsung menyimpulkan ada yang salah dengan kejiwaan anak tersebut.

Namun, di Inggris ada sekolah asrama yang mengizinkan anak laki-laki mengenakan rok jika mereka mau. Sekolah itu adalah Uppingham School di Rutland.

Seperti dilansir Metro, Kepala Sekolah Uppingham School Richard Maloney mengatakan, sekolah bersimpati kepada murid laki-laki yang ingin memakai rok. "Saya berharap setiap murid dapat datang kepada saya dan berkata ini adalah siapa kami. Ini cara kami ingin mengekspresikan diri," ujarnya.

Dia mengatakan, tahun lalu ada seorang siswa mengenakan rok selama seminggu sebagai sebuah pernyataan sikap. Siswa itu menuntut cara berpakaian tak dibatasi berdasarkan gender.

Biasanya, di sekolah Inggris anak laki-laki memakai celana panjang, kemeja, dan jumper. Sementara anak perempuan memakai rok, kemeja, dan jumper.

Dr Christian Jessen, yang pernah menghabiskan tiga tahun di sekolah untuk anak usia 13-18 tahun tersebut mengatakan, dirinya mungkin akan mengenakan rok jika boleh memilih. Menurutnya, seragam netral gender akan membantu mengatasi stereotip.

Sekolah-sekolah lain di Inggris sudah mulai mengumumkan kebijakan seragam netral gender yang baru.

Salah satunya adalah sekolah dasar Cavendish Road di Didsbury, Greater Manchester. Kepala sekolah Janet Marland mengatakan kepada The Guardian tahun lalu, "Kami merasa bahwa di zaman ini sudah tidak pantas membatasi pakaian tertentu untuk satu jenis kelamin. Kami ingin anak laki-laki dan perempuan kami tahu bahwa mereka memiliki hak yang sama." (alz/rpz)