Pemko Dumai Segera Terapkan e-LAKIP ditahun 2019


riaupotenza.com
Walikota Dumai H Zulkifli AS

DUMAI (RPZ)- Pemerintah Kota Dumai segera menerapkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah berbasis IT atau e-LAKIP. Jelang penerapan e-LAKIP tersebut, Pemko Dumai mengadakan bimbingan teknis bagi aparatur terkait penggunaan aplikasi e-LAKIP yang dilaksanakan selama dua hari diballrom Hotel Grand Zuri Dumai yang dibuka langsung oleh Walikota Dumai H Zulkifli AS.

Walikota Dumai H Zulkifli AS mengatakan, dengan Bimtek ini diharapkan bisa dijadikan forum untuk sharing dan berbagi pengalaman dalam pengembangan tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam mensukseskan e-Lakip di Kota Dumai. 

'' Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan pemahaman ASN dalam melaporkan kinerja ke dalam sistem aplikasi yang disebut e-Lakip. Sehingga ke depan akan terwujud manajemen pemerintahan yang transparan, partisipatif, akuntabel dan berorientasi pada hasil. Kegiatan ini sekaligus untuk mewujudkan program smartcity yang telah di gagas sejak 2017''ujar Zulkifli .

orang nomor satu dikota Dumai ini berharap, pelaksanaan e-LAKIP telah dilaksanakan selama dua hari dengan melibatkan kepala OPD dilingkungan Pemko Dumai dan seluruh camat se Kota Dumai yang dimulai Selasa dan Rabu (11/5) ini dapat dipahami dan diaplikasikan dengan baik. 

Terkait akuntabilitas Pemko Dumai tahun 2017, walikota menjelaskan bahwa dari hasil evaluasi Kemenpan-RB, nilai akuntabilitas Kota Dumai baru mencapai nilai CC atau cukup baik dengan skor berkisar dari 50 sampai dengan 65. '' Tahun 2018 ini ditargetkan mampu mencapai nilai B dengan skor 65 sampai dengan 75. Mudah-mudahan ini bisa tercapai. Mengingat implementasi e-Lakip didalam penyusunan LKj-IP ditingkat OPD dan di tingkat Kota secara bertahap sudah kita lakukan. Kita juga sudah berkomitmen untuk meningkatkan kinerja masing-masing OPD'' demikian Walikota Dumai H Zulkifli AS.(mdi)