Yusuf : Senang Dikunjungi Pihak Kampus

Mahasiswa STIE Riau Studi Lapangan di LAPAS


riaupotenza.com
Rombongan STIE Riau saat berada di LAPAS Kelas II A Pekanbaru.

PEKANBARU (RPZ)- Sebanyak 27 mahasiswa STIE Riau mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) kelas IIA Pekanbaru, Selasa (3/4) lalu. Kedatangan mahasiswa ini didampingi tiga dosen pembimbing berkenaan dengan studi lapangan untuk mata kuliah Pembangunan Karakter. 

Kepala LAPAS yang diwakili oleh Kepala Seksi Pembinaan dan Pendidikan sekaligus sebagai Pelaksana Harian Ka. LAPAS kelas IIA Pekanbaru, Yusuf menyambut dan mendampingi kunjungan studi lapangan mahasiswa STIE Riau dengan ramah dan antusias.

Hal tersebut dibuktikan dengan kesungguhan Yusuf dalam menyambut kunjungan mahasiswa STIE Riau dalam suatu acara khusus di ruang serbaguna LAPAS. Ia didampingi 4 staf, di antaranya Kepala Keamanan LAPAS dan Kepala Sub Seksi Kegiatan dan Kerja serta dua orang staf lain.

Dalam sambutannya Yusuf merasa senang, dengan adanya kepedulian Perguruan Tinggi  seperti STIE Riau terhadap  bagian dari masyarakat dan  anak bangsa yang oleh masyarakat lain seakan luput dari perhatian. 

Selanjutnya secara bergantian Kepala Keamanan LAPAS dan Ka Subsi Kerja dan Kemandirian menggambarkan kegiatan-kegiatan para warga binaan (sebutan bagi para napi) selama berada di dalam LAPAS.

Arhipen Yapentra SAg MM sebagai penanggung jawab kegiatan Studi Lapangan, sekaligus Dosen Pengasuh mata kuliah Pembangunan Karakter mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menanamkan sikap disiplin, jujur dalam bekerja, sikap cinta dan bela negara. 

Dengan melihat langsung akibat dari perbuatan melanggar  hukum dan atau merugikan  negara, diharapkan mahasiswa  bisa menjaga diri untuk tidak berbuat melanggar hukum. 

Oleh sebab itu Arhipen sempat membisikkan kepada pihak LAPAS untuk tidak menjelaskan sisi positif kegiatan di LAPAS saja, tapi juga menjelaskan bagaimana menderitanya hidup terkurung jauh dari sanak keluarga dan tidak selalu bisa mendapatkan segalanya, meski punya uang yang bisa membeli segalanya.

Dalam kunjungan ke LAPAS tersebut Mahasiswa STIE Riau juga didampingi oleh Siti Syahsudarmi SE MSi yang mengasuh mata kuliah Etika Bisnis dan Kewirausahaan serta Risman SE MM yang mengasuh mata kuliah Manajemen Koperasi. Kedua dosen tersebut melihat peluang pengembangan wirausaha dan pengelolaan usaha dengan sistem koperasi sehingga nantinya ada dana  yang menjadi income bagi  LAPAS secara swadaya  dan mengurangi beban negara.

Setelah mendapatkan penjelasan tentang gambaran kondisi LAPAS dan kegiatan warga binaan, rombongan mahasiswa dibawa berkeliling melihat beberapa ruang Sel (tahanan), klinik, dapur, masjid yang saat itu sedang dipenuhi oleh warga binaan yang tampak tekun beribadah dan beberapa tempat kegiatan kemandirian seperti bengkel mini, pertanian dengan lahan seadanya, peternakan ikan, dan peternakan ayam petelur.

Rombongan juga sempat diberi kenang-kenangan berupa satu papan telur ayam (30 butir). “Hanya ini oleh-olehnya, 

karena hasil karya warga binaan yang lainnya sedang dibawa ke Jakarta untuk pameran di salah satu event” demikian disampaikan Marbun, kasubsi Kegiatan Kerja dan Kemandirian.

Diakhir kunjungan, Arhipen   Yapentra yang juga   merupakan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIE Riau mengharapkan, kesediaan pihak LAPAS untuk bersedia menjalin Kerja sama dengan STIE Riau secara lebih permanen agar STIE Riau dapat ikut berkontribusi lebih intens lagi terhadap pembinaan warga LAPAS baik dalam bidang manajemen produksi, kopersi, pemasaran, motivasi dan spiritual, karena STIE Riau memiliki personil yang berkompeten dibidang tersebut.

Menjawab harapan tersebut Yusuf selaku PLH Ka LAPAS kelas IIA Pekanbaru menyambut gembira dan berjanji akan meneruskan maksud STIE Riau tersebut kepada Pimpinan yang terkait.(rpz)