Kerahkan Tiga Heli 100 Hektar Lahan Terbakar di Rohil


riaupotenza.com
LAHAN TERBAKAR - Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Riau berupaya memadamkan api yang membakar lahan gambut di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Rabu (11/4). Selain pemadaman melalui darat, Satgas Karhutla juga mengerahkan tiga unit helikopter.

BAGANSIAPIAPI (RPZ)  - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang cukup luas terjadi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Riau menurunkan tiga helikopter, karena kebakaran yang terjadi di Rohil tersebut luasnya mencapai 100 hektar yang letaknya persis di Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Provinsi Riau, Edwar Sangar. Dikatakannya, kebakaran yang sebelumnya sempat terus membesar itu sudah bisa diatasi dengan baik dan saat ini tinggal pendinginan.

“Saat ini tim Satgas masih berada di lapangan melakukan pemadaman dan pendinginan,” katanya kepada wartawan, Rabu (11/4) di Pekanbaru.

Kebakaran itu, katanya, tidak hanya terjadi di Rohil, tapi juga di Sungai Sembilan, Kota Dumai yang luasnya mencapai 20 hektar yang alhamdulillah juga sudah bisa diatasi tim Satgas di lapangan.

Terkait 3 helikoper yang diturunkan tersebut, ia menjelaskan helikopter yang diturunkan itu merupakan helikopter bantuan dari KLHK dan BNPB yang sebelumnya diajukan Pemprov Riau dan juga helikopter yang merupakan milik BPBD Riau sendiri.

“Setidaknya ada 80 kali penyiraman yang dilakukan dua helikopter dan dibantu helikopter Sinarmas. Alhamdulillah saat ini sudah dapat dikendalikan oleh tim dan tinggal pendinginan,” ungkapnya. 

Terbakarnya lahan di dua titik itu, tambah Edwar, karena Riau bagian utara beberapa hari belakangan tidak ada turun hujan, sehingga menyebabkan lahan mudah terbakar. 

“Kemudian akses untuk melakukan pemadaman darat di daerah Tanah Putih juga sulit. Bahkan saat saya akan melakukan peninjauan dengan Kapolres Rohil harus melihat dari atas helikopter untuk bisa masuk ke lokasi. Setelah ada jalan masuk kita turunkan tim Satgas Darat selam enam hari,” tandasnya. pm