Melalui Bimtek Siapkan SDM Handal Pengolahan Database


riaupotenza.com
Bimtek SDDKD yang dilaksanakan Dinas Kominfo Pelalawan dibuka Wabup Drs H Zardewan MM 

PANGKALANKERINCI (RPZ) - Bimbingan Teknis Pengelolaan Sistem Database Dukungan Kebijakan Daerah ( SDDKD ) Kabupaten Pelalawan. Kegiatan yang ditaja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan salah satunya bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia handal dalam pengolahan database menuju Pelalawan Emas.

Bimbingan teknis yang berlangsung selama dua hari dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan,MM, Rabu (11/04). ‘’ SDDKD agar diterapkan secara optimal sehingga arah pembangunan Kabupaten Pelalawan menjadi jelas dan tepat sasaran dalam mewujudkan visi pembangunan daerah yang telah direncanakan yakni terwujudnya Pelalawan Emas dengan 7 sasaran strategis,’’katanya sambil menyebutkan,  pengelolaan SDDKD Kabupaten Pelalawan merupakan bentuk instrumen pengendalian pelaksanaan kebijakan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. 

Sistem ini lanjut mantan Sekdakab Pelalawan ini bertujuan menyediakan data dan informasi yang bermanfaat bagi pimpinan dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan serta pengelolaan negara, baik dipusat maupun daerah. ‘’Dengan memiliki data yang akurat maka, proses pengambilan keputusan tersebut dilakukan secara tepat,cepat dan akurat. Ketersediaan data dan informasi ini sangat dibutuhkan oleh pemangku kebijakan sebagai bahan evaluasi terhadap apa yang telah diprogramkan dan dilaksanakan,’’ungkapnya.

Pada kegiatan yang bertemakan Meningkatkan Ketersediaan Data SDDKD Kabupaten Pelalawan Dengan Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Handal, Ketua pelaksana Drs H Fakhrizal,M.Si yang juga Kepal Dinas Kominfo Pelalawan memaparkan Bimtek ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan,wawasan dan ketrampilan bagi petugas operator komputer sistem pengelolaan database dukungan kebijakan daerah sehingga terpenuhinya data yang akurat, terpilih, tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

‘’Selain itu sasaran Bimtek ini mewujudkan sumber daya manusia yang handal dan profesional terhadap pengelolaan data statistik di Kabupaten Pelalawan,’’ungkapnya sambil menyebutkan SDDKD ini adalah turunan dari SDDKN (Sistem Database Dukungan Kebijakan Negara) yang menjadi data untuk kepenting kelompok data dipusat.

Tak hanya dihadiri oleh 33 peserta perwakilah seluruh OPD terkait, pada kegiatan yang berlangsung Kamis (12/4) ini juga dihadiri Kapolres Pelalawan AKBP Pol Kaswandi Irwan,S.IK,Narasumber dari Sekretariat Negara Irma Dwi Santi,S.Kom,Kadiskominfo Fakhrizal,M.Si,Kepala BNK Pelalawan AKBP Pol Andi Salomon, serta undangan lainnya.amr