Sore Ini, MTQ Tingkat Kecamatan Rakitkulim Dibuka


riaupotenza.com
Lokasi pelaksanaan MTQ Kecamatan Rakitkulim di Desa Batu Sawar

RAKITKULIM (RPZ) –  Bupati Inhu H Yopi Arianto diwakili Pejabat di Pemkab Inhu, dijadwalkan akan membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Rakit Kulim yang dipusatkan di Desa Batu Sawar, Selasa (10/4).

Pelaksanaan MTQ serentak ini, berlangsung selama 3 hari, mulai sore ini 10 April hingga 13 April 2018. Camat Rakit Kulim melalui  Ketua Panitia pelaksana MTQ Drs Sugeng Misman didampingi Kades Batu Sawar Andi Susanto mengatakan, kegiatan MTQ Ke VII tingkat Kecamatan Rakitkulim kali ini diikuti sebanyak 19 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Rakit Kulim, ujarnya saat ditemui riaupotenza.com disela kegiatan meninjau finishing persiapan astaqa MTQ dan stand desa dan bazar di lokasi MTQ, Desa Batu Sawar, Senin  (9/4).

Dijelaskan Sekcam Rakitkulim ini, cabang-cabang yang diperlombakan adalah Tilawah Quran tingkat dewasa, remaja dan anak-anak, putera-puteri, Tartil Quran anak-anak putra-putri, dan fahmil Quran tingkat dewasa, remaja dan anak-anak putera-puteri serta Syarhil Quran tingkat dewasa, remaja dan anak-anak putera-puteri dan sejumlah lomba tambahan yaitu Rebana, Pildacil dan Adzan bagi anak-anak. Selain itu, setiap stand desa akan dilombakan juga.

“Maksud dari pelaksanaan MTQ merupakan upaya menumbuhkembangkan kecintaan umat kepada Alquran melalui kegiatan seni, ilmu dan agama. Sedangkan tujuan penyelenggaraan MTQ tingkat kecamatan ini adalah merupakan seleksi di tingkat kecamatan bagi peserta untuk mempersiapkan diri guna mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Inhu yang akan datang,” ujarnya.

Tema MTQ kali ini “Bersama Alquran mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan serta membangun generasi muda yang menguasai iptek yang berakhlak mulia.

“Insya Allah, MTQ tingkat Kecamatan Rakitkulim akan dibuka sore nanti,  kami menghimbau kepada masyarakat untuk dapat hadir dan menyemarakkan dan menyaksikan pelaksanaan MTQ yang dilaksanakan selama 3 hari ke depan”, ungkapnya.

Ia menambahkan dasar pelaksanaan MTQ kecamatan Rakitkulim ini merupakan Surat Keputusan (SK) Bupati Inhu perihal Pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan secara serentak se-Kabupaten Inhu. 

Kemudian lanjutnya, sebelum acara pembukaan MTQ, akan dilaksanakan pada siangnya acara pelantikan dua Kades yakni Kades Lubuk Sitarak dan Kades Talang Sungai Parit yang akan dilantik Camat Rakitkulim Amin Suhardi, S. Sos mewakili Bupati Inhu.

Sementara itu,  Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disadmindukcapil) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) akan membuka stan perekaman KTP Elektronik di arena MTQ tingkat kecamatan.

Hal ini sesuai dengan surat pemberitahuan Plt Sekda Inhu, Hendrizal ke setiap kecamatan.  “Surat pemberitahuan itu sudah disampaikan ke seluruh Camat di Kabupaten Inhu. Dalam surat itu kita himbau agar camat menginformasikan kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik bisa datang ke arena MTQ Kecamatan untuk melaksanakan perekaman KTP Elektronik,”  kata Hendrizal, kepada sejumlah wartawan.

Dalam imbauan itu, disampiakn jadwal pelaksanan KTP Elektronik dilakukan setiap hari selama pelaksanaan MTQ di tingkat kecamatan yang dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.
      
Hendrizal juga mengimbau agar pemberitahuan itu juga diteruskan kepada lurah dan kepala desa di masing-masing wilayahnya. asr