6.108 Siswa SMA dan MA di Inhil Ikut UNBK dan UNKP


riaupotenza.com
Terlihat para siswa mengikuti UNBK di SMAN 1 Tembilahan dengan penuh serius

TEMBILAHAN (RPZ) - Sebanyak 6.108 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di Inhil mengikuti Ujian Nasional yang berlangsung mulai Senin (9/4) sebagia hari pertama. Ribuan siswa tersebut berasal dari 45 SMA dan 55 MA yang ada di Inhil.
 
Namun, tak semua mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Masih 85 persen sekolah yang mengikuti Ujian Nasional berbasis Kertas Pensil (UNKP).
 
Berdasarkan data Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Riau wilayah Inhil, terdapat siswa dari 745 jenjang SMA sedangakan jenjang MA hanya 286 siswa yang mengikuti UNBK sedangkan peserta UNKP sebanyak 5.077 siswa.

“Iya, untuk SMA di Kecamatan Tembilahan dan Tembilahan Hulu baik negeri maupun swasta sudah UNBK, sedangakan MA baru MAN 1 Inhil yang terapkan UNBK dan sebanyak 94 lembaga SMA dan MA yang masih menerapkan UNKP,” tutur Ketua MKPS SMA Kabupaten Inhil, Drs Martian saat meninjau pelaksanaan UN di SMAN 1 Tembilahan, Senin (9/4).
 
Ia mengatakan, sebanyak masih bnayak lagi SMA dan MA yang belum melaksanakan UNBK dikarenakan kondisi daerah yang belum memiliki fasilitas jaringan listrik, jaringan internet dan komputer. Beberapa sekolah bahkan berada di daerah terisolir.

Seperti di Kecamatan Teluk Belengkong, Pelangiran, Pulau Burung, dan beberapa sekolah yang ada di bagian utara, selatan dan tengah yang masih terpencil atau jauh dari pusat ibu kota kabupaten Inhil, UN masih dilaksanakan berbasis kertas pensil.
 
Menjawab hal itu, Kacab Disidk Riau wilayah Inhil, Suhartoni SPd mengaku kondisi di Inhil memang cukup berat medannya namun hal ini akan menjadi perhatian kami untuk melaporkan ke Provinsi Riau bahwa perlu segera adanya upaya meningkatkan fasilitas jaringan listrik dan jaringan telekomunikasi pada daerah terisolir

“Sehingga tahun depan menimal Separuh SMA di Inhil menggelar UNBK,” ujarnya.
 
Suhartoni mengatakan, berdasarkan pantauan sementara, penyelenggaraan UNBK di SMAN 1, SMAN 2 Tembilahan, SMAN 1 Tembilahan Hulu, MAN 1 Inhil, SMA PGRI dan SMA Muhammadiyah berjalan baik dan lancar, tanpa ada halangan teknis dan begitu juga pelaksanaan UNKP sampai saat ini tidak ada laporan kendala. fan