Tiga Desa Terendam di Batang Cenaku


riaupotenza.com
Kondisi banjir yang merendam puluhan rumah warga desa Cenaku Keci

BATANGCENAKU (RPZ) - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu  Sabtu (7/4) malam hingga Minggu siang (8/4)  menyebabkan puluhan rumah dan disedikitnya 3 desa  terendam banjir setinggi 1 meter hingga 1,5 meter akibat meluapnya air sungai Cenaku. Tiga desa itu antara lain, Desa Kepayang Sari, Anak Talang dan Desa Cenaku Kecil. 
 
Namun dari ke 3 desa itu, banjir terparah dialami oleh Desa Cenaku Kecil. Di desa tersebut sedikitnya 80 Kepala Keluarga (KK)  terpaksa mengungsi ketempat yang lebih aman. 

Kepala Desa  Cenaku Kecil, M. Yani saat dihubungi melalui via seluler, Senin (9/4) membenarkan jika desanya kini terendam banjir. “Benar, air sungai Cenaku kembali meluap sampai ke badan jalan dan merendam 89  rumah warga,” katanya. 

Ia mengatakan bahwa banjir yang melanda desanya dan desa sekitarnya itu disebabkan hujan lebat yang melanda daerah itu sejak malam Minggu kemarin. Akibat hujan yang turun terus menerus itu,  banjir datang tiba-tiba dan merendam rumah warga dengan ketinggian air sekitar 1, 5 meter.

“Mudah-mudahan banjir cepat surut dan warga beraktivitas kembali seperti biasanya. Namun, warga tetap harus waspada, karena cuaca ekstrem saat ini,” ujarnya.
 
Menurut dia, luapan air Sungai Cenaku juga sering terjadi bila musim penghujan tiba dan banjir ini paling terparah sejak 20 dekade terakhir, “ seingat saya, ini banjir terparah sejak 20 tahun lalu,” sebut Yani. 
 
Menurut Yani, akibat banjir tersebut tidak ada laporan korban jiwa, namun dipoerkiran warga mengalami kerugian harta benda. “Barang barang elektronik banyak yang rusak, dan dikhawatirkan, ratusan ekor sapi warga ikut terseret banjir,” ucapnya. 
       
Terkait musibah itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kecamatan Batang Cenaku agar melihat secara langsung ke desanya itu. “ Sudah saya laporan ke Pak Kasi Trantib, “ terang M Yani. Mg4