Manasik Haji Bakal Digelar Sebelum Puasa


riaupotenza.com
Kasi Haji Kemenag Kuansing, Bahrul Aswandi SAg

KUANSING (RPZ) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuansing merencanakan pelaksanaan manasik haji bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Kuansing sebelum bulan Ramadan dan setelah Idul Fitri.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kuansing, Jisman MA

melalui Kasi Haji, Bahrul Aswandi SAg mengatakan bahwa sebanyak 203 CJH Kuansing akan melakukan manasik haji sebelum diberangkatkan ke tanah suci.

"Dari 203 jamaah yang terdiri 197 orang belum haji dan enam orang sudah haji harus melakukan manasik. Baik mandiri maupun manasik yang digelar pemerintah," kata Bahrul kepada riaupotenza.com, kemarin.

Masih kata Bahrul, pada umumnya jamaah Kuansing sudah manasik dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arafah dan Khairu Ummah. 

"Jamaah kita sudah melaksanakan manasik dengan KBIH. Yakni manasik mandiri yang biayanya dibayar sendiri oleh masing-masing JCH," ungkapnya.

Selain itu, nantinya akan ada lagi manasik yang diselenggarakan Kemenag. Dimana pelaksanaannya akan dilakukan beberapa hari.

"Sementara manasik haji yang digelar Kemenag belum kita tetapkan. Tetapi bisa sebelum Ramadan dan setelah Ramadan," ujarnya.

Ia menjelaskan, manasik haji adalah semacam simulasi rangkaian ibadah haji. Tujuannya agar seluruh JCH mengetahui apa-apa saja rangakaian ibadah dan tahapannya dengan baik dan benar.

"Manasik haji ini semacam latihan bagi seluruh JCH. Agar mereka memahami rangkaian ibadah haji ketika berada di Tanah Suci nantinya," terangnya.(cil)