SMAN 2 Pangkalan Kerinci Siagakan Genset 

Antisipasi Listrik Mati saat  UNBK


riaupotenza.com
Suasana UNBK di SMAN2 Pangkalan Kerinci.

PANGKALANKERINCI-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)  mulai digelar Senin  Senin (9/4) hingga Kamis (12/4) mendatang.  Begitu pula di SMAN 2 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.  Sebanyak 239 peserta penuh konsentrasi mengikuti UNBK yang pertama digelar di sekolah yang dipimpin Wartono,M.Pd ini. Agar tidak tejadi kendala saat ujian berlangsung, terutama pemadaman listrik secara mendadak, pihak sekolah telah menyediakan genset mobile.

Generator cadangan yang disiagakan di depan sekolah yang beralamat di Jalan Batu Ampar Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat Kecamatan Pangkalan Kerinci sengaja dipinjam dari Pemkab Pelalawan.

‘’Itu genset milik Dinas PUPR Pelalawan untuk backup listrik,’’terang Kepsek SMAN2 Pangkalan Kerinci Wartono,M.Pd didampingi Wakepsek Widiyanto,M.Pd, Senin (9/4).

Tak tanggung-tanggung, langkah cepat untuk mengatasi pemadaman listrik yang akan berakibat terganggunya jalannya UNBK ini, pihak sekolah menyurati langsung Bupati HM Harris untuk meminjam mesin generator mobile. ‘’Genset kita pinjam melalui surat peminjaman ke Bupati dan Kadis PUPR,’’ujarnya.  Penacadangan genset ini juga untuk menjaga koneksi internet agar tidak terganggu sehingga proses UNBK dapat berlangsung lancer.

 Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang akrab disapa Pak Widi ini menambahkan, karena terbatasnya jumlah komputer sementara total  peserta 239 siswa, maka pelaksanaan UNBK dibagi menjadi tiga sesi.

‘’Pelaksanaan terbagi dalam 3 sesi,’’terang Widi sambil menyebutkan sesi 1 : 07.30 - 09.30 wib, sesi 2 : 10.30 - 12.30 wib dan sesi 3 : 14.00 - 16.00 wib.

Widi juga menambahkan, pelaksanaan UNBK pada hari pertama yang diikuti 239 peserta terdiri MIPA L = 51, P = 76, JML = 127, IPS L = 55, P = 57, JML = 112 juga dibuatkan laporannya secara online.  ‘’Pelaporan pelaksanaan dilampirkan secara online ke website kemdikbud http://unbk.kemdikbud.go.id sesaat setelah selesainya ujian tiap sesi,’’ungkapnya sambil merinci jadwal dan mata pelajaran yang di UNBK  yakni, Senin : Bahasa Indonesia,  Selasa : Matematika, Rabu : Bahasa Inggris, Kamis : Mapel pilihan, Pilihan MIPA (Fisika, Kimia, Biologi) dan

Pilihan IPS (Ekonomi, Sosiologi, Geografi).

 ‘’Kesimpulan hari ini, UNBK berjalan tertib, lancar, aman dan terkendali. Siswa sangat percaya diri mengikuti UNBK karena sudah terbiasa ujian online yang diadakan sekolah seperti Penilaian Akhir Semester (PAS) online dan ikut simulasi UNBK sebelumnya,’’bebernya terkait pelaksanaan hari pertama UNBK yang dilaksanakan di SMAN 2 Pangkalan Kerinci.amr