Perda Trantibum Dievaluasi

Pemda Gandeng Tim Ahli dan Akademisi


riaupotenza.com
Pemkab Pelalawan menggandeng tim ahli UIR dan akademis melakukan evaluasi dan revisi 3 Perda Trantibum.

PANGKALANKERINCI-Tiga Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pelalawan yang telah disahkan dan telah diterapkan berpeluang dilaukan perubahan. Terutama, Perda yang berkaitan dengan Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum). Evaluasi terhadap 3 Perda itu telah dilakukan bersama tim ahli dan akademisi serta OPD terkait untuk melahirkan Perda baru  dengan mengacu UU 23 Tahun 2014 tentang Pemda.

     Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Kasatpol PP dan Damkar) Kabupaten Pelalawan H Abu Bakar Fisda Eli,S.Sos,M.Ap, Ahad (8/4) mengatakan 3 Perda yang dievaluasi dan bakal direvisi yakni Perda Nomor 05 Tahun 2011 tentang  peredaran, penjualan, pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol, Perda Nomor 06 Tahun 2011 tentang Penyakit Masyarakat (Pekat) dan Perda Nomor 07 Tahun 2011 tentang Ketertiban Umum (Tibum).

      ‘’Evaluasi sudah kita lakukan bersama Satpol PP dan Damkar bersama Bagian Hukum Setda, Tim Ahli dari UIR, OPD terkait beserta mahasiswa UIR. Sekaligus penyusunan Naskah Akademik Ranperda tahun 2018 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum,’’papar Abu Bakar didampingi Kasi Penertiban Sofyan,SH,MH sambil menyebutkan evaluasi sekaligus penyususan naskah Ranperda it berlangung Kamis (5/4) pekan lalu.

    ‘’Ketiga Perda ini perlu dilakukan revisi karena perlu disesuaikan dengan UU 23 Tahun 2014 tentanng Pemda,’’imbuhnya.

   Dalam rapat  tersebut terang Sofyan, sudah disiapkan kajian   akademiknya agar ketika Ranperda yang akan dibahas bersama OPD terkait bisa menghasilkan Perda yang akan diterapkan di lapangan nanti yang akan menjadi Payung Hukum . ‘’Kalau sudah ada regulasinya sehingga dalam menjalankan tugas,  petugas tidak lagi ragu-ragu  untuk melakukan penindakan,’’ungkasnya.

    Alumni mahasiswa UIR ini juga menyebutkan, Satpol PP dan Damkar dalam hal ini selaku yang diamanahkan untuk menegakkan Perda, tentunya berharap  Ranperda yang dibahas ini segera dapat terselesaikan dengan baik dan sempurna. ‘’Selesai dibahas tentu akan dilanjutkan dengan pembahasan oleh pihak Legislatif dan kita berharap segera disahkan, karena mengingat ini berkaitan dengan Trantibum,’’ujarnya.

    Pada saat dilangsungkan rapat evaluasi yang berlangsung di aula Sekretariat Bersama PPNS, Satpol PP dan Damkar Pelalawan,   sambung Sofyan, dihadiri langsun Kasatpol PP dan Damkar diwakili Sekretaris Kabid Perundang-undangan Daerah, Kabid Ops Tibum  dan  Tranmas, Kasi PPNS beserta anggota,  Kasi Pengendalian Penertiban,  Kasi Pamwal, Kasi Hubungan Antar Lembaga serta Tenaga Ahli Akademisi dari UIR yang diketui Dr H Saifuddin Syukur.Sh.MCL.Ph.D dan anggota  DR Zulakrial.SH,MH. 

     Selain itu pula hadir pula para mahasiswa UIR Fakultas Hukum selaku pendamping serta  Kabag Hukum di wakili Kasubbag Peraturan Perundang undangan Setda Leo Agusta .SH,MH.amr