Irwan Jadi Inisiator Terbentuknya Kapassindo


riaupotenza.com
Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H. Irwan Nasir Msi, pengurus dan anggota Fokus Kapassindo.

SELATPANJANG(RPZ)-Memiliki mimpi tingkatkan potensi sagu serta jadikan sagu sebagai pangan alternatif nasional, Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir Msi, menjadi inisiator terbentuknya Forum Komunikasi Kabupaten Penghasil Sagu Seluruh Indonesia, atau Fokus Kapassindo.

"Tujuannya memajukan persaguan nasional sebagai pendukung sekaligus alternatif energi dan pangan nasional," kata Irwan salami pernyataan pers yang diterima di Selatpanjang, Jumat (6/4/18) kemarin.

Untuk formasi awal sesuai pertemuan di Sekretariat Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Jakarta, ada 11 kabupaten menjadi anggota Fokus Kapassindo.

"Dalam waktu dekat ini kita undang kabupaten penghasil sagu lainnya untuk membentuk kepengurusan definitif," ujar Irwan Nasir.

Lebih jauh diterangkan Irwan, diantara tugas penting dari organisasi ini menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, melakukan penelitian, pengembangan dan promosi dalam upaya pengelolaan sagu.

 "Hasil akhirnya diharapkan masyarakat bisa mengembangkan ekonomi khususnya di sektor perkebunan sagu. Termasuk merangsang masuknya industri sekelas perusahaan seperti National Sago Prima (NSP) di Meranti," ujarnya.

Diantara turunan lain yang dapat dihasilkan dari sagu yakni, sebagai pengganti beras, gula cair, etanol, bahan bakar dan berbagai produk potensial lainnya.

Makanyaa sagu ini harus menjadi prioritas pemerintah.Pengembangannya bukan hanya di tingkat nasional tapi juga internasional," harap Irwan.

Penasehat Apkasi, Profesor Riyaas Rasyid, menyambut baik berdirinya Fokus Kapassindo sebagai forum kabupaten penghasil sagu yang ada di Indonesia.

"Potensi sagu ini harus diangkat ke permukaan dan didorong menjadi kekuatan pangan nasional layaknya beras, jagung dan kedelai," terang Riyaas Rasyid.

Formasi pengurus sementara Fokus Kapassindo diketuai oleh Bupati Kepulauan Meranti, Irwan dan Sekretaris ditunjuk Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. 

Sedangkan kabupaten sebagai anggotanya, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Lingga, Kabupaten Bupati Luwu Utara, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Nabire, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Serdang Bedagai.(Adv)