AKBP Yusuf Rahmanto Gantikan AKBP Abas Basuni

‘‘Kapolres Bengkalis Baru Cegah Lundup dan Narkoba‘‘


riaupotenza.com
Sertijab - Kapolda Riau, Irjen Pol Drs Nandang MH, memimpin acara sertijab Kapolres, Bengkalis dan Kapolres Rohul di Mapolda Riau, Kamis (5/4).

PEKANBARU (RPZ) — Dua Kapolres yang dilantik Kapolda Riau Irjen Pol Drs Nandang MH, diminta gencar melakukan penertiban terhadap peredaran narkoba dan penyelundupan di wilayah hukum masing-masing.

‘’Sebelumnya mereka sudah bertemu saya dan kami membahas masalah penyelundupan dan narkoba dari negara tetangga,’’ katanya.

Selain kata Kapolda, hal yang dibahas lainnya adalah potensi-potensi konflik yang kemungkinan terjadi di wilayah masing-masing.

‘’Jika ada masalah, diperlukan kecepatan proses penanganan dan mengatasi masalah. Maka Kapolres harus cepat mempelajarinya,’’ kata Kapolda.

Penegasan ini, jelas Kapolda, terkait letak geografis Kabupaten Bengkalis yang berbatas langsung dengan perbatasan luar negeri. Ditambah lagi, kawasan perairan di sana banyak pelabuhan tikus. 

‘’Contoh sebelumnya, di kawasan Bengkalis sudah sering terjadi kasus penangkapan narkoba dan human trafficking,’’ ungkapnya.

Sementara itu, untuk di kawasan wilayah hukum Polres Rohul, yang dipimpin oleh Kapolres baru AKBP Hasyim Risahodua. Di sana sering terjadi sengketa Pilkada, di mana sering berbenturan dengan penyelenggaraan pilkada di Kampar.

‘’Untuk narkoba perlu kerjasama antar semua pihak. Kemudian untuk masalah Pilkada, sifatnya kita hanya membackup, karena itu ranahnya pemerintah dan stakeholder,’’ ujarnya.

Hari ini, Kamis (5/4) pagi, Kapolda memimpin langsung pelantikan dua Kapolres Bengkalis dan Kapolres Rohul.

Seusai perintah Kapolri, untuk tugas Kapolres Bengkalis yang baru dijabat AKBP Yusuf Rahmanto. Ia menggantikan AKBP Abas Basuni. Sementara itu, jabatan Kapolres Rohul yang ditinggalkan Yusuf digantikan oleh AKBP Hasyim Risahondua. pm/rpg