SDN 113 Bertekat Raih Adiwiyata Provinsi


riaupotenza.com
FOTO BERSAMA - Majelis guru foto bersama dengan drum band kesayangan SDN 113 Pekanbaru.

PEKANBARU (RPZ) - Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup yang merupakan program pelajaran anak untuk hidup sehat dengan  lingkungan sehat.

Kepala SDN 113 pekanbaru Arnis SPd mengatakan, SDN 113 dalam menuju Adiwiyata provinsi banyak yang akan dibenahi yang akan merujuk sekolah adiwiyata provinsi. Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya–upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata dikembangkan berdasarkan norma–norma dalam berperikehidupan yang antara lain meliputi: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.

SDN 113 pekanbaru di ajang FLS2N kec Marpoyan Damai beberapa hari lalu, salah satu siswanya Bimo Gunawan berhasil merebut juara satu pantomin putra se-Kecamatan Marpoyan Damai dan tentu akan menjadi utusan kecamatan Marpoyan Damai ke tingkat kota. Hal ini sangat membahagia warga sekolah atas prestasi yang diraih siswa di bawah asuhan Syarifah Desmalia karena berhasil membawa nama sekolah SDN 113 menjadi sekolah yang diperhitungkan di cabang pantomim.

Kegiatan FLS2N sebagai upaya memberikan ruang bagi kreativitas dan potensi murid di bidang seni dan budaya. Diharapkan ajang ini menjadi aktivitas yang mampu mewadahi ekspresi murid. Juga mampu mewadahi berbagai bentuk seni dan budaya, serta mampu mengangkat potensi yang dimiliki murid itu sendiri.

Disamping peningkatan prestasi didalam kegiatan FLS2N, O2SN dan OSN SDN 113 pekanbaru selalu berbenah dalam peningkatan kualitas anak dan kualitas sekolah, dalam menunjang program adwiyata. Program Adiwiyata salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dahulu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Dengan ada berbagai kegiatan ini kami berharap SDN 113 Pekanbaru merasa optimis akan mampu menyelesaikan adminstrasi yang dibutuhkan dan berharap mendapatkan Adiwiyata tingkat provinsi pada tahun ini.Semoga kami juga mampu. “Jika dibuat target penyelesaian pasti bisa, supaya jelas langkah-langkah yang harus dilakukan dan semua harus bekerja sama,” ujarnya.“Ini bentuk peduli kita terhadap lingkungan. Kita ingin lingkungan tetap hijau meskipun bumi semakin tua. Dan itu harus diajarkan kepada anak-anak kita termasuk peserta didik, karena merekalah penerus masa yang akan datang.”  

Dengan prestasi ini semua kami akan bertekad bersama warga sekolah dalam menjadikan sekolah yang bermutu, berprestasi dan mendidik anak menjadi anak yang berkarakter.Kami sadar dalam mencapai ini semua tentulah tidak akan lepas dari dorongan dan dukungan warga sekolah dan pihak pihak yang terkait, seperti guru, komite, anak anak, dan warga sekitar sekolah. Kuncinya kebersamaan dan kekompakan warga sekolah, ucap Arnis SPd.(pms)