Polair Polres Inhil Gagalkan 588 Koli Barang Ilegal


riaupotenza.com
BARANG ILEGAL-Barang tanpa dilengkapi surat dokumen saat dilakukan pemeriksaan oleh pihak kepolisian

TEMBILAHAN (RPZ) - Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Indragiri Hilir (Inhil) berhasil mengamankan 2 unit kapal dengan muatan tanpa dokumen. Penangkapan dua kapal motor pengangkut barang ilegal itu terjadi di perairan Kecamatan Mandah, Ahad (1/4).
 
Penagkapan dua kapal tanpa dokumen ini langsung dilakukan Sat Polairud Polres Indragiri Hilir di Mako Sandar Sat Polairud Polres parit 19 Tembilahan Hilir. Selain mengamankan 2 unit kapal motor, petugas juga mengamankan 6 orang Anak Buah Kapal (ABK), 2 diantaranya merupakan Nahkoda kapal.
 
Mendengar kabar itu, Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony Putra yang langsung turun ke lapangan dan melakukan Press Conference berkaitan dengan keberhasilan Sat Polairud Polres Indragiri Hilir dalam menggagalkan pengiriman barang-barang dari 2 unit kapal motor tanpa nama yang tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah.
 
Dalam Keterangannya, AKBP Christian Rony menceritakan kronologis singkat penangkapan terjadi saat Kapal Pol IV-2600 dengan Komandan Kapal Aiptu Bambang Sutrianto, menemukan 2 unit kapal kayu tanpa nama di Perairan Desa Igal Kecamatan Mandah. 
 
“Terhadap 2 unit kapal tersebut dilakukan pemeriksaan dan diketahui membawa barang-barang yang tidak dilengkapi dokumen yang sah,’’ ujar Kapolres.
 
Muatan sebanyak 588 koli dengan berbagai jenis barang tanpa dokumen yaitu Roam Cat atau Power bank,Teropong Merk Gio,Retrac Table /Asesoris Senapan Angin,Handy Counter /Alat Penghitung Uang,Keyboard Merk Zero dan Merk Business Office,Rappo A800 /Speaker Komputer.,Teropong Merk Bushnell, Tasco dan Black dan Speaker Merk MIG 100 W MIG 1000 W.
 
‘’Kapal tersebut memuat barang-barang dari  daerah Durai, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri. Barang-barang tersebut diduga berasal dari sebuah kapal asal Batam dengan tujuan Jakarta via Tembilahan,’’ ungkap AKBP Christian.
 
Saat ini, petugas masih melakukan penyidikan terkait penangkapan 2 kapal motor pengangkut barang ilegal, bersama 6 orang ABK-nya.zal