Pelunasan BPIH Ditunda

Kakan Kemenag Pelalawan:’’Kita Tunggu Saja’’


riaupotenza.com
KaKan Kemenag Pelalawan H Muhammad Rais, M.PdI

PANGKALANKERINCI-Rencana pelunasan  Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2018 yang dijadwalkan tahap pertama pada Selasa (3/4) ditunda. Penundaan yang berlaku secara nasional ini belum diketahui batas waktu. Namun, bagi jemaah diharapkan untuk bersabar dan menunggu keputusan terbaru dari pemerintah.

     ‘’Karena ini keputusan pusat,  maka kita menunggu saja,’’jelas Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Pelalawan H Muhammad Rais,M.Pd.I, kemarin.

      Menurut Muhammad Rais, karena penundaan ini merupakan kebijakan pemerintah, maka dipastikan pula pemerintah akan bertanggungjawab terhadap sesuatunya.  ‘’Dan yakin lah jemaah semua bahwa Pemerintah pasti bertanggung jawab tarhadap semua keputusan yang diperbuatnya,’’papar Kakan Kemenag meyakinkan para calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Pelalawan khususnya yang direncanakan berangkat menunaikan rukun Islam kelima tahun ini.

     Disebut pria yang akrab dipanggil Ustadz Rais, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama telah merilis daftar jamaah haji reguler yang berhak BPIH tahun 2018.  Jadwal tahap pertama ini  direncanakan 3-20 April 2018. Lalu tahap kedua sambungnya dibuka tanggal 8-19 Mei 2018.

    Namun, karena sampai saat ini Keputusan Presidin (Keppres) BPIH belum diterbitkan oleh Sekretariat Negara (Setneg), jadwal pelunasan BPIH pun akan diundur. ‘’Sepertinya memang mundur. Dan kita di daerah hanya menunggu,’’ucapnya.

     Ditjen PHU Kemenag RI,  lanjut Muhammad Rais yang juga Ketua Ikatakan Masjid Indonesia (IKMI) Kabupaten Pelalawan saat ini masih menanyakan kepada pihak Setneg terkait proses penerbitan Keppres tersebut. Karena itu, jadwal pelunasan BPIH jamaah haji akan diinformasikan lebih lanjut.

    ‘’In syaa Allah akan ada pemberitahuan lanjutan dari pusat. Dan itu akan kita infokan lagi ke jemaah,’’ungkapnya sambil  menambahkan pihaknya saat ini tetap melakukan persiapan untuk melakukan proses BPIH, di antaranya berkoordinasi dengan pihak bank. Selain itu, juga mengimbau kepada calon jamaah haji untuk juga melakukan pembayaran.amr