Disdik Inhil Bertekad Berantas Pungli


riaupotenza.com
TANDA TANGAN-Kepala Dinas Pendidikan Inhil, Drs H Rudiansyah MSi menandatangangi MoU bersama tim Saber Pungli Inhil di aula Disdik Inhil. Disdik Inhil berkomitmen memberantas pungli di dunia pendidikan.

TEMBILAHAN (RPZ) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bertekad memberantas pungutan liar (pungli) di seluruh lembaga pendidikan yang ada di Negeri Seribu Parit, khususnya yang berada di bawah naungan Disdik Inhil. 
 
Hal itu terbukti dengan dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) bersama tim Sapu Bersih (Saber) Pungli Inhil di aula Disdik Inhil. MoU tersebut ditekankan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Inhil, Drs H Rudiasyah MSi bersama tim Saber pungli. 
 
Kadisdik Inhil, Drs H Rudiasyah Msi mengatakan, sesuai Peraturan Mendikbud RI Nomor 44 Tahun 2012, bahwa sekolah-sekolah negeri tidak diperbolehkan menarik atau memungut dari peserta didik. Kecuali sumbangan. Itu pun harus bersifaf sukarela dan sudah diputuskan melalui rapat Komite Sekolah.
 
Diakui Rudiansyah, sumbangan sekolah selama ini terjadi karena permasalahan anggaran dari pemerintah yang terbatas. Sementara kebutuhan sekolah untuk mencukupi sarana prasarana yang harus dipenuhi. Demi kenyamanan belajar mengajar di sekolah.
 
‘’Yang jelas apapun punggutan itu tidak boleh kecuali sumbangan yang harus sukarela dan tidak ada patukan dan itupun harus ada rapat komite,” tegas Kadisdik.
 
Untuk itu, jalan yang bisa ditempuh sekolah adalah dengan meminta sumbangan sukarela dari orang tua atau wali murid. 
 
“Tapi harus diingat, sumbangan tidak boleh mengikat. Artinya suka rela yang tidak terbatas jumlah besarannya maupun besaran waktunya,” ungkapnya.
 
Dengan telah dilakukan MoU bersam tim Saber Pungli yang diketuai langsung oleh Wakapolres Inhil, lanjut Rudiansyah, diharapkan dapat mencegah pungli di sekolah. 
 
‘’MoU ini kita lakukan agar pihak sekolah benar-benar memahami tentang ketentuan sumbangan sukarela. Sehingga tidak terjadi lagi pungli di sekolah,” paparnya.
 
Tidak hanya di lingkungan sekolah, di lingkungan jajarannya, yakni kantor Disdik pun secara tegas dirinya menyatakan segala pengurusan semuanya gratis. 
 
“Kalau ada jajaran saya meminta dalam pengurus di kantor, tolong lapor kepada saya, akan tindak tegas kalau perlu kita pindahkan jauh. Intinya, Disdik Inhil komit memberantas pungli di dunia pendidikan,” beber Rudiansyah.fan