Perempuan Miliki Terobosan Majukan Sektor Pariwisata


riaupotenza.com
Motivator yang juga pakar dalam konsultasi bisnis dan peluang, Dr Rizaldi Putra, MBA, saat memberikan pengarahan pada kegiatan workshop etika kepribadian, yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Riau di Pekanbaru.

RPZ - MEMILIKI Terobosan dari berbagai bidang bukan hanya hak pria semata, tapi juga perempuan yang berhak untuk melakukan terobosan-terobosan dalam berbagai hal. Bahkan saat ini perempuan sangat berperan dan bisa menjadi tonggak untuk beberapa bidang, salah satu terkait dunia pariwisata yang juga sangat membutuhkan peran perempuan untuk mencapai kemajuan dan pengembangan lebih baik.

Hal tersebut dikatakan salah seorang motivator yang juga pakar dalam konsultasi bisnis dan peluang, Dr Rizaldi Putra, MBA, pada kegiatan workshop etika kepribadian, yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Kamis (22/3) di Pekanbaru.

Menurut pria yang memiliki pengalaman sebagai business consultant dan motivator untuk beberapa perusahaan besar dan instansi pemerintahan di Singapura, Malaysia dan Indonesia mulai dari tahun 2005 ini, mengatakan jika pola pikir seseorang perempuan itu juga sangat menentukan apa yang akan dikembangkan pada sesuatu hal. Sehingga ketika mereka mampu mengubah sesuatu untuk lebih baik maka secara otomatis akan memberikan perubahan lebih baik termasuk pada kehidupan, dengan catatan apa yang mereka lakukan itu tetap fokus dan serius.

"Fokus memiliki peranan penting didalam kehidupan perempuan, karena peranan mereka sangat penting, salah satunya didalam rumah tangga dan didalam kehidupan bermasyarakat," kata Dr Rizaldi

Perempuan katanya, haruslah memiliki karakter yang kuat karena hal itu sangat mendominasi dalam pembentukan karakter dan etika. Termasuk dalam  kepariwisataan yang etika sangat berperan guna penerapan standar pelayanan, memperhatikan penampilan, cara berpakaian serta kepribadian.

Sebagai bentuk dorongan bagi perempuan-perempuan yang memiliki kemampuan dan pola fikir sertifikat itu, ia memberikan pengarahan dengan sistem sistem analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mendeteksi permasalahan yang dihadapi sebuah perusahaan/instansi. Dimana ia juga membuktikan bahwa program-program pelatihan yang beliau ciptakan mampu mengubah pola pikir, karakter serta kinerja setiap peserta yang mengikuti pelatihan yang beliau adakan. Bahkan sistem yang beliau terapkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan ataupun instansi Lembaga/Kementerian dalam mensukseskan program Reformasi Birokrasi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Sebagaimana diketahui, kegiatan workshop etika kepribadian yang diselenggarakan Dispar Riau Rabu (21/3) ini, dibuka lansung oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau, Fahmizal Usman. Dalam sambutannya ia menyampaikan, kegiatan workshop etika ini dikhususkan untuk para kaum perempuan yang perannya saat ini sangat kuat dalam membantu mendorong pengembangan sektor pariwisata.

"Perempuan khususnya kaum Ibu adalah garda terdepan dalam mendidik dan pembentukan karakter anak-anaknya sejak dini. Dengan mengikuti kegiatan workshop ini agar ilmu yang dipaparkan oleh narasumber dapat diterapkan lagi ke anggota keluarga dan lingkungan sekitarnya," kata Kadispar Riau, Fahmizal Usman.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari lembaga/organisasi perempuan yaitu, Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Dara Riau, dilaksanakan  tiga hari, mulai tanggal 21 sampai 23 Maret 2018 di Pekanbaru.

Turut hadir sebagai narasumber pada workshop ini, Ketua BKOW Riau, Hj Irma Rachman, Wakil Sekjen DPP Himpunan Pramuwisata Indonesia, Osvian Putra, dan mantan model tahun 80-an, Dhanny Dahlan. (cbc/pms).