Rata-rata Terbakar Toko Mas

9 Unit Ruko di Jalan Sudirman Dumai Terbakar 


riaupotenza.com
Kebakaran hebat terjadi di Dumai, sedikitnya sembilan unit Ruko di jalan Sudirman Dumai ludes diamuk Sijago merah.

DUMAI (RPZ)-Kebakaran hebat terjadi di Dumai. Sedikitnya sembilan unit Ruko yang terletak dipusat kota jalan Sudirman RT 01 Kelurahan Bintan kecamatan Dumai Kota Selasa malam (20/3) sekitar pukul 21.Wib diamuk si jago merah. Sebagian besar Ruko yang terbakar adalah Menjual Perhiasan Emas atau Toko Mas. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan kerugian belum bisa diketahui, namun ditaksir mencapai ratusan Juta Rupiah.

Belum diketahui persis penyebab kebakaran ruko dijalan Sudirman tersebut. Menurut keterangan saksi Jamal (54) pemilik tok Mas Berlian baru, api begitu cepat membesar dari atas atap rukonya yang bersebelahan dengan Toko Emas Indonesia. ''  Saat itu, apinya begitu cepat membesar dari atas atap antara toko Emas dan kedai kelontong''ujar warga saat menyaksikan kebakaran dimalam itu.

Hanya dalam sekejap, api terus merangsek ke samping kanan ruko-ruko yang bersebelahan. Sementara, Ruko yang kokoh Toko Mas Indonesia terletak disebelah kiri dari Ruko pertama yang terbakar tidak sempat terbakar. '' Untung Ruko Toko Mas Indonesia yang juga bersebelahan dari kiri tidak terbakar, karena bangunan disamping dibatasi dinding semen, jadi tidak terbakar, apalagi petugas juga membantu agar tidak meluas''ujar warga lagi.

Sementara itu, disaat api terus merangsek, petugas Pemadam Kebakaran yang sudah berada di lokasi bergerak cepat dan dibantu aparat kepolisian Polres Dumai dan jajaran polsek Dumai kota serta masyarakat untuk memadamkan api. Awalnya, Mobil petugas pemadam kebakaran Pemko Dumai dan sejumlah Mobil Pemadam kebakaran lainnya sempat sedikit kesulitan masuk mendekati lokasi, karena ratusan warga memadati sekitar lokasi kejadian untuk menyaksikan kebakaran.

Namun berkat bantuan petugas kepolisian dengan menghimbau warga untuk tidak dekat di lokasi dengan menggunakan alat pengeras suara toa kecil, dan dibantu oleh petugas dishub dan masyarakat akhirnya Mobil Damkar berhasil masuk dan berusaha keras untuk memadamkan api. Sedikitnya belasan unit Mobil Pemadam kabakaran berjibaku memadamkan api seperti Damkar Pertamina RU II Dumai sebanyak 2 Unit,  Damkar BPBD sebanyak 2 Unit, Damkar Pemko Dumai sebanyak 3 unit, Air Tanki isi ulang milik masyarakat sebanyak 5 unit. Terlihat juga dilokasi kebakaran Mobil ambulan RSUD 1 unit Stanbay dan Mobil ambulan BPBD 1 dan  Mobil kren Dishub Pemko Dumai 1 (satu) unit.

Sementara di lokasi kebakaran juga terlihat Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo dan Wakil ketua DPRD Dumai Zainal Abidin meninjau langsung kejadian kebakaran, bahkan Eko Suharjo juga sempat kesal dan meminta warga yang berdesakan di lokasi kejadian untuk menjauh, karena dapat menganggu petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan api.

Dalam Insiden tersebut, ada Sembilan Ruko yang terbakar yakni  Toko Mas Berlian Baru, Toko Kelontong, Toko Mas Paris, Toko Mas Cendrawasih, toko mas Cantik, Toko Mas Cahaya Indah, Toko Mas ASia, Toko Mas Indonesia ( yang lama kondisi kosong red) dan satu Unit Toko kosong.
 
Api baru berhasil dijinakkan petugas sekitar pukul 23.00 Wib dan terus dilakukan pendinginan, hingga benar-benar padam. Bahkan Rabu (21/3) pagi kemarin, para pengendara sepeda motor juga sempat memadati jalan sudirman hanya untuk menyaksikan sisa-sisa puing kebakaran dan sempat membuat jalan macet. Namun berkat petugas Satlantas, akhirnya warga yang sempat berhentipun berlalu dan jalan kembali normal.

Sampai saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran. Penyebab kebakaran belum dapat dipastikan (dalam Lidik) serta kerugian belum dapat ditafsirkan. (mdi)