Hujan, Kuansing Waspada Banjir


riaupotenza.com
Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi

KUANSING  (RPZ) - Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Kuansing membuat volume air Sungai Kuantan naik. Bahkan, saat ini volume  air sudah mencapai bibir tebing sungai.

Berangkat dari kondisi tersebut, Bupati Kuansing Drs H Mursini mengimbau agar masyarakat tetap siaga terhadap banjir. Mengingat, sampai saat ini curah hujan masih tinggi.

"Begini, sekarang curah hujan tinggi sehingga air Sungai Kuantan naik. Bisa kapan saja meluap ke pemukiman dan sawah warga," kata Bupati Mursini kepada riaupotenza.com, kemarin.

Memang musibah banjir ini katanya, sudah menjadi langganan masyarakat Kuansing khususnya yang bermukim di pinggir Sungai Kuantan.

"Meski sudah berpengalaman setiap tahun, tetapi tetap hati-hati," sarannya.

Menurutnya, banjir bisa datang tiba-tiba, makanya warga harus senantiasa waspada. Jika volume air sudah tinggi, maka warga diminta mengungsikan ternaknya ke daerah yang lebih tinggi.

"Banjir yang terjadi selama ini kalau tak curah hujan tinggi, juga kiriman dari Sumbar," katanya.

Langkah himbauan waspada kepada masyarakat ini katanya, agar jika terjadi musibah banjir, jangan sampai jatuh korban jiwa dan harta benda. 

Masih kata Mursini, saat musim hujan tak hanya banjir yang diwaspadai. Tapi, longsor juga menjadi perhatian serius seluruh elemen masyarakat.

"Jika terjadi banjir, saya minta aparatur pemerintahan desa untuk tanggap untuk melaporkan apabila terjadi bencana di wilayahnya kepada instansi terkait," ungkapnya.

Pantauan riaupotenza.com di lapangan, bahwa volume air Sungai Kuantan sudah mulai berangsur surut di wilayah hilir Sungai Kuantan, seperti di Kecamatan Benai. Meskipun begitu, mendung masih menyelimuti langit Kuansing yang menandakan hujan masih akan turun.(cil)