Plt Wako Buka Raker Pokja Penghulu Nikah


riaupotenza.com
Plt Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi membuka Rapat Kerja Kelompok Kerja (Raker Pokja) Penghulu se-Kota Pekanbaru, Senin (12/3) di Kemenag Pekanbaru.

PEKANBARU (RPZ) - Plt Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi membuka Rapat Kerja Kelompok Kerja (Raker Pokja) Penghulu Nikah se-kota Pekanbaru, Senin (12/3), di aula Kementerian Agama Kota Pekanbaru Jalan Rambutan.

Kegiatan yang ditaja Kementerian Agama ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan terhadap para penghulu yang bertugas sebagai pencatat nikah  yang diberi tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh Menteri Agama atau pejabat yang ditunjuk oleh peraturan perundang-undangan.

“Pemerintah Pekanbaru menyambut baik diselenggarakannya Raker Pokja ini sebagai pengawasan terhadap perkara nikah/rujuk. Para penghulu ini diberi pembekalan tentang kegiatan kepenghuluan serta pembinaan rumah tangga menurut agama Islam,” ujar Plt Wali Kota.

Kegiatan ini juga diharapkan adanya rencana aksi dalam bentuk pembinaan yang dilakukan kepada masyarakat melalui sebuah program yang direncanakan oleh kelompok kerja penghulu.

Antara lain, seperti jadi narasumber dalam acara siraman qalbu program televisi, pembinaan yang dilakukan di tengah masyarakat melalui masjid-mesjid dan banyak lain sebagainya.

“Di tahun 2019 nanti kalau anggaran kita memungkinkan, kita akan rencanakan juga menyusun RKPD-nya dengan mensinergikan program tersebut terhadap program pembinaan rumah tangga sakinah yang dilakukan oleh penghulu-penghulu ini,” pungkas Plt Wali Kota. (mg3)