Ingin Maju, Plt Bupati Jamiludin Siap Dikritik


riaupotenza.com
Plt Bupati Rohil, Drs H Jamiludin memberikan ucapan selamat kepada kepengurusan HIMAPPI.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Untuk majunya sebuah daerah, menurut Plt Bupati Rokan Hilir Drs H Jamiludin, setiap kepala daerah harus siap dikritik. Termasuk dirinya mengaku selalu nsiap untuk dikritik siapapun.

Hal itu dikatakan Jamiludin, usai melantik kepenggurusan Himpunan Mahasiswa Pelajar Bagansiapi-api (HIMAPPI), Senin (12/3) di gedung Nasional Misran Rais, Jalan Utama.

Saat diwawancarai, Jamiludin mengatakan, bahwa di dalam sebuah kritikan tidak melulu memberikan dampak yang negatif, melainkan lebih banyak positifnya. 

“Kadang di dalam kritikan itu ada nilai positifnya dan kita bisa berkaca. Oh ini rupanya. Dan kita tidak bisa menyalahkan. Evaluasi diri kita ada, inilah yang kita inginkan,” kata Jamiludin.

Kemudian Jamil menyebutkan, bahwa kontribusi adik-adik mahasiswa sangat diharapkan. Bukan berarti semua yang dikritik diterima dengan ego, selagi apa yang dikritik yang menyentuh pemerintah apa salahnya. Dan dia sangat mengharapkan kritik yang tujuannya untuk kebaikan masyarakat.

“Ketika mereka sudah mengetahui mana yang positif dan mana yang negatif. Sebagai kepala daerah siap untuk dikritik, inilah ciri khas kepala daerah yang ingin maju itu. Kalau tidak siap untuk dikritik tak usah menjadi kepala daerah,” tegasnya di hadapan awak media.

Untuk memperjelas apa saja produk yang akan diluncurkan pemerintah, maka kedepan TP4D sudah aktif dalam memantau kinerja pemerintah. Apa yang akan dievaluasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) itu, membuat semua yang dilakukan pemerintah lebih terbuka.

“Nanti kita tidak tertutup lagi dan membuka akses bagi mahasiswa. Ke depan akan kita aktifkan lagi TP4D, jadi tidak ada lagi yang tertutup, semua sudah transparan. Dengan adanya transparansi kita, itulah yang diinginkan adik-adik mahasiswa. Selama ini kan tertutup,” ungkap mantan Wakil Ketua DPRD periode lalu.

“Maka ke depan kita buka selebar-lebarnya. Mereka kan bagian dari masyarakat Rokan Hilir juga, maka dari itu pola pikir mereka perlu juga kita pertimbangkan,” imbuhnya.

Dikatakan Jamil, bahwa kritikan merupakan sebuah sumbangsih yang membantu pemerintah dalam membangun. Artinya, jika tidak dikritik maka pemerintah tidak tahu dimana yang salah dan tidak ada koreksi terdahap kinerja. Untuk itu, ia menegaskan kepada seluruh OPD jangan alergi terhadap kritikan siapapun.iin