Pencuri Motor Bonyok Dimassa


riaupotenza.com
Tersangka Syafaruddin saat turun dari mobil ambulans di kawan polisi

BATUHAMPAR (RPZ) - Satu dari dua orang tersangka pencuri kendaraan bermotor (curanmor) bonyok dihakimi massa. Sedangkan rekannya berhasil kabur.

Tersangka curanmor saat ini telah diamankan oleh pihak Kepolisian Sektor Batu Hampar, Sabtu (10/03/2018) kemarin. Sedangkan rekannya masih DPO (daftar pencarian orang). Tersangka SF (24) merupakan warga Sei Manasib, Kecamatan Bangko Pusako. Sednagkan rekannya IW (4o) berhasil Kabur.

Pelaku curanmor tersebut dapat dengan cepat terungkap, berkat kerja sama Polisi Batu Hampar dengan masyarakat sangat setempat.

Polsek Batu Hampar melalui Bhabinkamtibmas sering melaksanakan sambang warga dan menghimbau agar jika terjadi sesuatu tindak pidana agar warga secepatnya melapor ke Polsek Batu Hampar.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, sekira pukul 04.00 WIB, Sabtu (10/03/2018), Rici Putra (korban), bangun tidur melihat pintu rumah sudah terbuka. Kemudian, Rici Putra membangunkan adiknya yang bernama Roffianda dan memberitahukan bahwa sepeda motor Vixion yang ada di parkiran rumah telah hilang. Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 19 juta.

Kemudian, Rici Putra dan Roffianda pergi melaporkan kejadian kehilangan tersebut ke Polsek Batu Hampar. Selanjutnya, warga bersama pelapor beserta Kapolsek IPDA S. Sijabat dan personel Polsek melakukan pengejaran dan pencarian.

Pada saat itu, pihak keluarga juga memberikan info ke keluarga lainnya via HP, bahwa ada kemungkinan sepeda motor yang hilang dilarikan ke arah Bagansiapiapi.

Warga terus melakukan pengejaran, akhirnya pelaku mengalami kecelakaan. Selanjutnya seorang pelaku ditangkap warga dan dihakimi oleh massa. Sedangkan seorang lagi telah melarikan diri. 

Pelaku pencurian tersebut berhasil ditangkap oleh masyarakat di Desa Parit 2 Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil sekira pukul 04.30 WIB. Tidak berapa lama kemudian personel Polsek bersama pelapor dan masyarakat tiba dan tersangka diketahui berjumlah 2  orang.

Seorang pelaku dapat diamankan, namun sudah mengalami luka-luka dan mengalami pendarahan di telinga dan kepala akibat tindakan penangkapan oleh masyarakat.

Selanjutnya, pelaku yang mengalami luka diamankan Kapolsek Batu Hampar dan personil untuk dilakukan perawatan di Puskesamas Batu Hampar. Dokter Puskesmas merujuk tersangka untuk dibawa Ke RSUD Dr Pratomo untuk dilakukan perawatan intensif.

Kemudian, personel Polsek Membawa tersangka Ke RSUD Dr Pratomo dengan menggunakan mobil Ambulance Puskesmas untuk dilakukan perawatan. Setelah dilakukan tindakan perawatan di RSUD, berdasarkan diagnosa dokter, tersangka tidak mengalami luka serius dan diperbolehkan untuk dibawa kembali.

Tersangka SF (24) yang beralamat di Sei Manasip Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir kemudian diamankan di Mapolsek Batu Hampar bersama barang bukti berupa, 1 unit Ranmor R2 merk Yamaha Vixion warna hitam putih dan 1 unit Ranmor Suzuki Satria FU warna hitam tanpa Nopol (kendaraan pelaku).

Sedangkan pelaku lainnya yang berhasil melarikan diri (DPO) bernama IW alias Tengker (40) yang diduga residivis dan beralamat Km 17 Balam Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rohil. Selanjutnya pihak Polsek Batu Hampar melakukan tindakan lidik pelaku lainnya.

Kapolres Rokan Hilir (Rohil) AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH didampingi Kapolsek Batu Hampar IPDA S. Sijabat yang disampaikan AKP Ruslan, dikonfirmasi pada Senin (12/3) membenarkan hal tersebut. “Saat ini satu pelaku bersama BB telah diamankan di Polsek Batu Hampar, sementara satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran oleh personil,” tutup AKP Ruslan.Fen/der