Awas! 83 Warga Baganbatu Positif HIV/AIDS


riaupotenza.com
Dr Josafat

 

BAGANBATU (RPZ) - Sejak dilakukannya penertipan rumah-rumah malam (warung remang-remang) di wilayah Bagan perbatasan dan KM 4 Baganbatu, Kecamatan Bagansinembah pada tahun 2017 lalu, penderitaan penyakit HIV/AIDS khususnya di daerah Baganbatu semakin meningkat.

Jumlah penderita HIV/AIDS di wilayah Kecamatan Bagansinembah ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi sejak penertipan Warem itu sehingga penderitan semakin berkeliaran dan menularkan terhadap orang lain.

Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas (Kapus) Baganbatu dr Josafat kepada riaupotenza.com, beberapa hari yang lalu, saat Puskesmas Baganbatu menggelar kegiatan acara Lokakarya Mini Lintas Sektoral di gedung Pemadam Kebakaran. “Kasus HIV/HIDS ini masih terus bertambah dan sekarang di Baganbatu ini sudah ada 83 orang yang positif  terkena penyakit HIV/AIDS ini,” ungkapnya.

Dijelaskannya, saat ini untuk wilayah Kecamatan Bagansinembah terdeteksi 83  penderita VIH/HIDS. Meningkatkan penderita penyakit HIV/HIDS ini dari korban-korban yang sebelumnya kemudian saat ini berkeliaran dan menularkan penyakit tersebut.

“Sejak penertipan warung remang-remang waktu lalu berpengaruh dengan meningkatnya penderita HIV/HIDS ini, karena sekarang korban-korban yang lalu itu sudah mulai kegiatan,” paparnya. 

Di samping itu, untuk langkah pencegahan supaya penyakit yang bisa menyebabkan kematian itu, dapat dilakukan dengan cara melalui kegiatan sosialisasi kepada masyarakat luas. 

“Sosialisasi kepada masyarakat luas juga salah satu langkah pencegahan. Tentu masyarakat yang mengetahui bahaya penyakit ini tentunya menjaga agar tidak gonta-ganti pasangan,” pungkasnya.pnr