Kaum Dhuafa Juga Mendapat Santunan


riaupotenza.com
MDPT UED SP Muara Basung Setiap Tahun Semankin Meriah Dan Didambakan Pemanfaat

PINGGIR-Pelaksanaan Musyawarah Desa Pertanggung Jawaban Tahunan (MDPT) Tahun 2017 UED SP Usaha Berkah Bersama Desa Muara Basung telah berlangsung, Kamis (8/3) berlangsung meriah. Ratusan hadiah hiburan ditambah hadiah utama juga di berikan kepada pemanfaat. 

Pembangian hadiah ini merupakan sisa hasil usaha (SHU) UED SP yang dikumpul-kumpul selama setahun mencapai Rp155. 944.940. Oleh sebab itu kalau ada pemanfaat yang menunggak membayar tentunya itu merugikan diri sendiri. Beruntung pula pemanfaat yang lancar membayar cicilan bulan karena hadiah yang diterima luman besar. Seperti kulkas, lemari, gerobak dorong, tremos nasik dan banyak lagi. Selain itu, pengurus juga memberikan santunan sembako kepada kaum dhuafa.

Ketua UED SP Usaha Bersama Muara Basung, Mukhlis dalam penyampaiannya bahwa dalam memberikan pinjaman dana ini, pengurus sudah ada 57 kali melakukan perguliran. Dana yang dicairkan bersumber dari APBD Bengkalis Tahun 2011 sampai 2015 sebanyak Rp 5 milyar. Kemudian setelah berjalan terus dana menjadi Rp 16.011.000.000. Jadi total keseluruhannya dana pencairan dan perguliran sebanyak Rp 21.011.000.000.

Adapun jumlah pemanfaat saat ini sebanyak 1.372 orang yang telah meminjam dana Pemerintah ini. Untuk tingkat pengembalian mencapai 94 persen dan tunggakan 6 persen. Jumlah tunggakan Rp1. 099.886.778. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi yakni tunggakan yang terus bertambah. Walaupun begitu, ia bersama tim terus berupaya untuk menanggani ke rumah warga untuk memberi teguran berupa surat peringatan. Harapan kami kedepan kepada seluruh warga agar jangan menunggak-nunggak lagi membayar cicilan karena masyarakat lain juga ingin meminjam dana ini, harapnya. 

Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bengkalis, Yuhelmi,  Sekcam Pinggir, Kabid P2M, Pj Kepala Desa, mantan kepala Desa Muara Basung, pendamping Desa, pihak Bank riaukepri, kapolsek Pinggir dan para undangan. (mat)