Seberang Takluk Jadi Kawasan Minapolitan


riaupotenza.com
Kepala Bappeda Litbang Kuansing Ir Maisir

KUANSIGN (RPZ)--Kabupaten Kuansing tidak hanya menjadi daerah potensi perkebunan, rupanya banyak potensi yang bisa dikembangkan. Seperti di sektor perikanan.

Melihat potensi ini, Pemkab berencana akan mengembangkan kawasan minapolitan atau kota berbasis ikan khususnya di daerah seberang taluk.

Hal ini diakui Kepala Bappeda Litbang Kuansing Ir Maisir. Ia mengaku bahwa Pemkab Kuansing mendukung pengembangan kawasan minapolitan tersebut. Pasalnya, kawasan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. 

"Saat ini kita berencana akan mengembangkan kawasan minapolitan di daerah Seberang Taluk," ungkapnya.

Di kawasan itu, lanjutnya, memiliki potensi air yang cukup besar, sehingga cocok untuk sentra produk ikan. 

Ia menuturkan secara konsep, dinas terkait hanya menyediakan sarana berupa kolam dan bibit ikan, sedangkan untuk pemasaran dan pengolahan akan diserahkan kepada masyarakat setempat.

"Sudah ada detail engineering design (DED). Kita berharap tahun depan sudah bisa dilakukan pengerjaan fisik," katanya.

Ia berharap dengan adanya kawasan minapolitan tersebut bisa meningkatkan ekonomi masyarakat serta bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan perekonomian daerah.

"Karena komoditas budidaya air tawar yang menjadi unggulan Kuansing telah berkontribusi meningkatkan kesejahteraan pembudidaya dan menyerap tenaga kerja di Kuansing," katanya.(cil)