Gaet Dana Pusat untuk Gedung Perpusda Kuansing


riaupotenza.com
Kasi Akuisisi Dispersip Kuansing, Hevi Heri Antoni SSos MSi sedang di Kantor Arsip Nasional Indonesia di Jakarta untuk menggaet dana pusat.

KUANSING (RPZ)--Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda), termasuk Kuansing berpotensi dibangun oleh pemerintah pusat. Asalkan semua persyaratan bisa dipenuhi sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

 "Oleh sebab itulah dibutuhkan sinergitas, antara pemerintah kabupaten, provinsi dan Perpustakaan Nasional sebagai pihak yang akan membangun nantinya," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Riau, Dr Hj Rahima Erna baru-baru ini.

Dikatakan Rahima Erna, makanya perlu bekerja cepat untuk merengkuh peluang yang diberikan pemerintah pusat. "Karena itu, kira minta kabupaten/kota di Riau untuk segera menyikapi peluang ini," ujar Rahima Erna.

Terkait hal itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kuansing, Drs Azhar telah memerintahkan jajarannya untuk menindaklanjuti permintaan Perpustakaan Nasional melalui Dispersip Riau.

Azhar yang dihubungi melalui KASI Akuisisi Dispersip Kuansing, Hevi Heri Antoni SSos,MSi menyebutkan, bahwa pihaknya secara lisan sudah memasukkan usulan pembangunan gedung perpustakaan daerah itu melalui Dispersip Riau.

Gedung yang akan dibangun dengan berbagai fasilitas dengan empat lantai itu diperkirakan menghabiskan dana hingga Rp14 miliar. 

"Saat ini DED dan ketersediaan lahannya juga sudah ready," ujar Hevi.

Oleh sebab itu, sesuai arahan proposal pengajuan berikut dokumennya tengah disiapkan , untuk di berikan kepada Dispersip Riau. 

"Saya sendiri saat ini juga sudah berada di Jakarta, dalam rangka hal yang sama, serta hal lain nya menyangkut pengelolaan kearsipan," ujarnya.

Ia berharap mudah-mudahan, pembangunan gedung perpustakaan daerah oleh pemerintah pusat itu bisa didapat Kuansing. Sebab kabupaten lain di Riau, juga bergerak yang sama. 

"Hanya saja, Kuansing terbilang lebih siap dibandingkan kabupaten kota lain," jelas Hevi.(cil)