OPD Pemkab Pelalawan Diminta Pertajam Bobot Pencapain Semua Program


riaupotenza.com
Bupati Pelalawan HM Harris bersama Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD Pelalawan dan pejabat lain pada agenda FRP di Kantor Bappeda Pelalawan.

PANGKALANKERINCI-Operasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Pelalawan diminta mempertajam bobot capaian semua program. Hal ini berkaitan terjadinya penurunan anggaran yang akan berdampak luas pada pembangunan daerah sehingga pembangunan 2019 mendatang bisa mencapai target pada Rencana Pembangunan Daerah Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021.

     Selain itu, Pemkab Pelalawan melalui OPD terkait juga tetap memperhatikan usulan pembangunan yang disampaikan melalui mulut tokoh masyarakat.

     ‘’OPD  bisa lebih tajam membedah bobot capaian RPJMD agar perencanaan tahun 2019 betul-betul bisa menyentuh pada target capaian persentase RPJMD 2016-2021,’’jelas Wakil Ketua DPRD Pelalawan Supriyanto, SP, Rabu (7/3).

    Pernyataan ini dilontarkan politisi besutan PDI Perjuangan ini terkait dilaksanakannnya Forum Konsultasi Rencana Kerja Pembangunan Daerah ( RKPD )  Kabupaten Pelalawan Tahun 2019 yang dibuka Bupati Pelalawan HM Harris sehari sebelumnya di Aula Bappeda Pangkalan Kerinci.

    Kendati alasan pengurangan alokasi anggaran APBD yang akan menciutkan banyak program, tapi  Sekretaris Komisi I DPRD Pelalawan H Abdullah,S.Pd tetap berharap agar Pemkab Pelalawan melalui OPD terkait tetap memperhatikan usulan aspirasi yang disampaikan melalui tokoh-tokoh masyarakat daerah ini. ‘’Masukan tokoh masyarakat agar dapat juga dituangkan dalam perencanaan tahun 2019,’’ujar Abdullah.

     Sementara itu, terkait dengan kondisi keuangan daerah untuk pembangunan infrastruktur fisik daerah hanya berkisar Rp 30 miliar di tahun 2018 ini, politisi PKS ini mengingatkan OPD terkait agar mendahulukan perbaikan infrastrukur yang berdampak langsung terhadap masyarakat. ‘’Tolong prioritas drainase dan penyediaan air bersih masyarakat  serta sarana dan prasarana pendidikan yang lebih layak,’’pungkasnya.

     Sebelumnya pada forum tersebut Bupati Harris mengatakan agar rencana pembangunan yang disampaikan tidak terlepas dari RPJMD  Pemerintah Kabupaten Pelalawan Tahun 2016-2021, mengingat kondisi keuangan daerah yang dua tahun terakhir mengalami penurunan, dimana ketersediaan dana untuk tahun ini pembangunan infrstruktur fisik daerah berkisar Rp 30 miliar.amr