Kerjasama Walimurid dan Komite Sekolah

SMAN 7 Buka Program Kelas Inspirasi


riaupotenza.com
KELAS INSPIRASI - Bersama dengan wali murid dan Komite Sekolah, SMAN 7 Pekanbaru menggelar program kelas Inspirasi di sekolah baru-baru ini.

PEKANBARU (RPZ) - SMAN 7 Pekanbaru bersama dengan walimurid dan komite sekolah, membuka program kelas inspirasi, Senin (5/3).

Kelas inspirasi sendiri adalah, kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuki ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di satuan pendidikan.

Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Hj Nurhafni MPd menjelaskan, dalam kemitraan pelaku pendidikan peran serta orangtua sangatlah penting.

Pasalnya, keterlibatan orangtua dalam pendidikan dapat meningkatakan prestasi belajar anak, meningkatkan komunikasi orangtua dan anak, penumbuhan karakter yang merupakan kunci keberhasilan pendidikan.

“Kalau kita lihat organisasi yang melibatkan unsur orang tua wali murid di sekolah salah satunya adalah komite sekolah. Dalam kinerjanya, komite lebih banyak terlibat dalam perencanaan program pendidikan dan pembiayaan,’’ ungkap Nurhafni. 

‘’Keberhasilan pendidikan akan semakin tinggi apabila kemitraaan diperkuat dengan melibatkan unsur masyarakat. Bentuk kemitraan dalam membangun kesadaran akan pendidikan anak dapat dilakukan dengan program kelas inspirasi,” tambahnya. 

Tujuan dari kelas inspirasi menurut Nurhafni menjadikan wahana bagi sekolah dan peserta didik untuk belajar dari para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas. Kemudian dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan.

“Bagi profesional pengajar, kelas inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar didepan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa,” jelasnya.

Nurhafni menambahkan, kelas inspirasi menyediakan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dan membangun imajinasi tentang profesi dan karir di masa depan serta memperkuat rasa percaya diri dan tekad untuk terus berjuang mencapai cita-cita.

“Kelas inspirasi akan menjembatani para orangtua yang peduli akan kemajuan pendidikan anak-anaknya. Kita bersama-sama membangun impian anak Indonesia, untuk itu diperlukan keterlibatan orangtua dalam satuan pendidikan dengan memperhatikan beberapa sikap, siap belajar, mengambil bagian langsung, siap untuk bersilaturahmi, tulus, ikhlas, dan yang terpenting adalah orangtua peserta didik tersebut,” ungkapnya.(eld)