Operasi Keselamatan 2018 Dimulai, Pengendara Diwajibkan Taat Lalu Lintas


riaupotenza.com
Petugas Satlantas Polres Bengkalis mulai melaksanakan operasi keselamatan muara takus 2018. Panji

DURI (RPZ) Operasi Keselamatan 2018 dilaksanakan di Indonesia secara serentak sejak senin, (5/3) kemarin.

Di Kabupaten Bengkalis, Operasi Keselamatan ini diberi nama 'Operasi Keselamatan Muara Takus 2018'.

Operasi tersebut berlangsung selama 21 hari kedepan, sejak Senin (5/3/2018) kemarin dan akan berakhir pada Minggu (25/3/2018) mendatang. 

Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni SIK melalui Kasatlantas Polres Bengkalis, AKP Ricky Michael Mandey SIK menjelaskan, tujuan dilaksanakannya operasi ini ialah untuk menertibkan pelanggaran dan mencegah kecelakaan lalu lintas. 

" Kecelakaan terjadi akibat pelanggaran lalu lintas, maka dari itu operasi keselamatan muara takus 2018 ini menargetkan pelanggaran-pelanggaran dalam berlalu lintas," Kata Kasat Lantas, AKP Ricky M. Mandey kepada RPZ, Rabu (7/3).

Sasaran operasi tersebut, lanjut Kasat, meliputi pengendara kendaraan roda dua, roda empat, dan seterusnya.

Pelanggaran yang menjadi target operasi tersebut ialah, menggunakan HP saat berkendara, tidak menggunakan Helm, tidak pakai sabuk pengamanan, tidak mematuhi rambu lalu lintas, kendaraan over kapasitas, pengendara belum cukup umur dan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas lainnya. 

" Selain memberikan peringatan kepada pengendara, operasi ini juga untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap undang-undang tahun 2009 tentang lalulintas angkutan jalan," jelas Perwira berdarah Minahasa ini. 

Dalam operasi itu, sambungnya, petugas akan memberikan teguran simpatik pada para pengendara yang tidak disiplin aturan berlalu lintas atau bahkan yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Dalam rangka operasi ini, Kasatlantas Polres Bengkalis menghimbau kepada pengendara agar dapat taat berlalu lintas. 

" Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan. Demi keselamatan untuk kemanusiaan, " pungkasnya. (panji)