Pelaku Resedivis DPO Polsek Palika

Pencuri Sarang Walet dan 60 Unit Hp Ditangkap


riaupotenza.com
Tersangka AS diapit dua petugas saat diamankan di Mapolsek Palika.

PALIKA (RPZ) - Unit Reskrim Polsek Pasir Limau Kapas (Palika) berhasil menangkap, AS (26) warga Jalan Datuk Paduko II, Kepenghuluan Panipahan Darat, Kecamatan Palika, Jumat (2/3) pagi sekitar jam 11.15 WIB.

Buruh bangunan ini ditangkap di Jalan SMA 2 Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir.

Tersangka ditangkap diduga telah melakukan tindak pidana perlawanan hukum, dengan melakukan  pencurian dengan pemberatan (Curat) di rumah korban. Anto (30) warga Tionghoa berdomisili di Jalan Bhakti Kecamatan Palika.

Penangkapan tersangka berawal adanya informasi diperoleh Kanit Reskrim Polsek Palika Ipda S.Suwandi  bahwa tersangka berada di kota Bagansiapiapi tepatnya di TKP penangkapan.

Pelaku merupakan resedivis dan sudah lama menjadi DPO Polsek Palika, dalam perkara Curat kasus yang sama tertulis di atas bersama 2 orang rekannya bernama Rusli dan Subroto, saat ini sedang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Rohil di Ujung Tanjung.

Kapolsek Palika Iptu Zulmar SH melalui Kanit Reskrim Polsek Palika Ipda S.Suwandi membenarkan, bahwa pihaknya ada melakukan penangkapan DPO pelaku Curat.

"Ya, tersangka sudah lama menjadi DPO kita, sekarang pelaku berhasil ditangkap dan sudah kita jebloskan ke penjara, guna proses penyelidikan lebih lanjut," kata Kanit Reskrim Polsek Palika Ipda S.Suwandi kepada riaupotenza.com, Sabtu (3/3) melalui via teleponnya.

Lanjutnya, perbuatan kriminal itu terjadi pada Sabtu 2 September 2017 lalu sekira pukul 06.30 wib. Pada saat itu korban bangun  tidur dari  lantai 2 ruko (rumah toko) miliknya, kemudian turun ke lantai bawah (lantai 1) ruko tersebut, terus meninju ke ruangan depan tempat pelapor berjualan handphone.  Alangkah kagetnya korban saat sampai di ruangan dengan melihat Hp yang terdiri dari bermacam merk barang dagangannya yang terletak di steling kaca sebanyak 60 unit telah raib disikat pelaku.

Curiga berbagai harta benda berharganya hilang, kemudian korban melakukan pemeriksaan di seluruh ruangan depan ruko,  ternyata barang-barang milik pelapor berupa KTP atas nama Anto, kartu ATM BCA, kartu ATM BRI, kartu NPWP dan sarang burung walet sebanyak 2  Kg serta uang dari dalam laci sebanyak Rp500 ribu ikut disikat tersangka. "Karena perbuatan pelaku, korban mengalami kerugian materi kurang lebih mencapai  Rp100 jutaan, kita sarankan agar membuat laporan resmi, akhirnya korban membuat LP di Polsek Palika," jelasnya.

Diuraikannya, Kanit Reskrim Polsek Panipahan memperoleh informasi tentang keberadaan tersangka, berada di Jalan SMA 2 Kelurahan Bagan Hulu, lalu Kanit melaporkan ke Kapolsek Palika Iptu Zulmar SH dan memerintahkan untuk dilakukan penangkapan.

Pada hari dan tanggal yang sama, Kanit Sabhara Polsek Panipahan Ipda Paisal Rusli beserta 3 orang anggota Brigadir Alexander, Brigadir Eko Syaifullah dan  Bripda Briyan sedang berada di Bagansiapiapi melakukan pengamanan perayaan Malam Cap Go Meh. 

Tidak ingin buruannya lepas, Kanit Reskrim  melakukan koordinasi meminta bantuan personil kepada Kanit Reskrim Polsek Bangko Iptu Raja Napitupul, untuk mendampingi Kanit Sabhara Polsek Panipahan yang sedang berada di Bagansiapiapi guna melakukan penangkapan terhadap tersangka. "Hasil kerja keras tim di lapangan, sekira jam 11.15 Wib, tersangka berhasil ditangkap pada  pukul 13.30 Wib, pelaku langsung digiring ke Polsek Palika,” pungkasnya.Zul