Jadikan Reteh Lumbung Pangan Inhil


riaupotenza.com
TANAM PADI-Para petani di Kecamatan Reteh tengah menanam padi. Dulu Pulau Kijang, Kecamatan Reteh dikenal sebagai lumbung pangan Inhil.

PULAU KIJANG (RPZ) - Jika ditelusuri beberapa tahun lalu, akan ditemukan fakta bahwa Pulau Kijang sempat mendapat julukan sebagai Kota Padi. Yap, beberapa tahun lalu, Pulau Kijang memang dikenal sebagai lumbung pangan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).
 
Saat itu belum ada pemekaran. Kecamatan Reteh pada masa itu masih meliputi wilayah Keritang, Kemuning dan Sungai Batang. Kini seiring dengan pemekaran, lumbung pangan Negeri Seribu Parit itu akhirnya terkikis bak ditelan masa.
 
Musim hujan indentik dengan musim pertanian atau tanam padi. Koordinator Pertanian Kecamatan Reteh dan Sungai Batang, Sumardi SPKP Msi menyebutkan, tahun ini durasi musim tanam dimulai dari bulan September 2017 sampai dengan Maret 2018. Dengan volume lahan Kecamatan Reteh 2.784 hektar dan Kecamatan Sungai Batang 1.577 hektar dengan kondisi lahan berair. 
 
Agar usaha panen tahun ini lebih banyak dibanding hasil panen sebelumnya, Korwil bersama unsur terkait melakukan penyuluhan kepada kelompok-kelompok tani. Sehingga para petani dapat mengolah lahannya tepat guna dan memiliki panen yang baik.
 
‘’Ini upaya kita mengembalikan citra Kecamatan Reteh sebagai lumbung pangan di Negeri Seribu Parit ini,’’ ujar Sumardi.***