Memperingati Hari Sampah Nasional

Tanamkan Sadar Sampah di Kuansing


riaupotenza.com
Bupati Kuansing Drs H Mursini dan Wabup Kuansing H Halim saat meninjau stand di Hari Sampah Nasional.

Kuansing (RPZ)--Pemerintah Kabupaten Kuansing memperingati Hari Sampah Nasional yang dipusatkan di Lapangan Limuno, Kamis (1/3).

Kegiatan yang diikuti Bupati Kuansing Drs H Mursini, Wakil Bupati Kuansing H Halim, Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto, unsur Muspida, kepala dinas, kepala Badan, Kabag di lingkungan Pemkab Kuansing serta para pelajar ini diawali dengan gerakan memungut sampah di sekitar kota Talukkuantan.

Selain itu, juga ada pameran stand hasil buah tangan para pelajar di Kota Talukkuantan dari daur ulang sampah yang bernilai tinggi. Bahkan hasil kerajinan para pelajar ini bisa dijual sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuansing, Jafrinaldi, peringatan Hari Sampah Nasional ini bertujuan untuk mewujudkan Kuansing bebas dari sampah. Selain itu, guna menamkan sadar sampah di kalangan masyarakat di Kuansing.

"Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan bersih-bersih sampah ini. Terbukti, ada   ribuan siswa se-Kuantan Tengah yang ikut," ujar Jafrinaldi.

Masih kata Jafrinaldi, bahwa setiap siswa akan memungut sampah yang ada di jalan saat berjalan dari sekolah ke lapangan Limuno. Sesampai di Lapangan Limuno, sampah tersebut diletakkan pada tempat yang disediakan panitia.

"Kegiatan ini dimeriahkan dengan banyaknya doorprize, mulai dari tas sekolah, laptop sampai ke sepeda," ucap Jafrinaldi.

Gerakan memungut sampah ini katanya, akan dimulai tiga bulan kedepan se Kuansing. Saat ini masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat.

"Kita berharap peringatan Hari Sampah ini bisa menanamkan kesadaran masyarakat dalam hal membuang sampah pada tempatnya. Gerakan ini nantinya berimplikasi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat," ujarnya.

Mewujudkan program sadar sampah ini katanya, nanti pihaknya akan menggandeng pemerintah kecamatan, kelurahan hingga pemerintah desa.

"Semoga gerakan sadar sampah ini bisa terlaksana sehingga bisa mewujudkan Kuansing yang bersih dan sehat," harapnya.(cil)