Konsumsi Beras Sendiri Bupati Harap Pendapatan Petani Meningkat


riaupotenza.com
Bupati Pelalawan HM Harris menjadi operator alat pemanen padi modern saat melakukan kunjungan di Kuala KamparĀ 

KUALAKAMPAR-Tak salah memang, Kecamatan Kuala Kampar adalah Lumbung Padi Kabupaten Pelalawan. Bentangan sawah ratusan hektar menghasilkan berton-ton beras. Tak hanya untuk konsumsi sendiri tapi juga dijual hingga keluar daerah. Meningkatnya produksi, diharapkan meingkat pula pendapatan petani.

Hal ini disampaikan Bupati Pelalawan HM Harris saat melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Kecamatan Kuala Kampar. ‘’Saya mengajak masyarakat setempat untuk mengkomsumsi beras asli di daerah kita khususnya Kuala Kampar,’’ajak Bupati yang mengakhiri kunjungannya, Kamis (1/3) kemarin.

‘’Kita berharap nantinya ke depan, pendapatan petani kita meningkat dibanding dari petani sawit dan jangan kita hanya ikut-ikutan, tapi hendaknya bertani dengan serius,’’imbuh Harris lagi sambil berharap koperasi petani bisa bekerjasama dan petani menjualkan hasil taninya kepada pihak koperasi.

Kesempatan itu, Bupati Harris meresmikan Masterplan Coorperative Farming SU- III Harapan Jaya Desa Sungai Upih Kecamatan Kuala Kampar. ‘’Dengan adanya koperasi ini mudah-mudahan ada perubahan dalam pengelolaan pendapatan daripada petani itu sendiri. Coorperative Farming sejalan dengan program pemerintah pusat yakni swasembada beras,’’sebut Harris yang sempat ikut memanen padi menggunakan mesin pemanen modern.

Di Kuala Kampar, mantan Ketua DPRD Pelalawan juga melantik  Kwartir Ranting (Kwarran) Pramuka Kecamatan Kuala Kampar  bertempat di Kelurahan Teluk Dalam, Ibu Kota Kecamatan Kuala Kampar.

Selain itu, Bupati yang bersama rombongan termasuk Kakan Kemenag Pelalawan H Muhammad Rais,M.Pd.I juga meresmikan pemakaian Rumah Suluk Baitul Huda Parit Mawar Teluk Dalam.

‘’Melalui pembangunan Surau Suluk  hendaknya bisa meningkatkan keimanan dan kekhusyukan dalam beribadah,’’ujarnya berpesan kepada jamaah serta berharap agar kedepannya dapat diisi dengan kegiatan keislaman seperti ceramah agama, pengajian lainnya.

Pejabat nomor satu di Kabupaten Pelalawan ini  berkesempatan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS ) di Desa Teluk Beringin dengan daya 60 KWP yang beroperasi selama 24 jam untuk masyarakat setempat.amr