Warga dan Aparat Berjibaku Padamkan Api

Hampir Membakar Rumah Penduduk


riaupotenza.com
Kebakaran lahan masih terjadi di Desa Teluk Kecamatan Kuala KamparĀ 

KUALAKAMPAR-Sampai Kamis (1/3) siang kebakaran lahan di Dusun Sungan Medan, Desa Teluk Kecamatan Kuala Kampar masih berlangsung. Upaya pemadaman terus dilakukan, pihak kecamatan dibantu aparat kepolisian dari Polsek Kuala Kampar, TNI dari Koramil plus pihak desa serta masyarakat terus membahu berupaya memadamkan dengan fasilitas seadanya. Kendati sudah berkurang, tapi api belum berhasil dipadamkan.

Menurut  Abdurrohman, warga setempat, Kamis (1/3) kemarin, kebakaran sudah berlangsung beberapa hari yang lalu. Selain menghanguskan kebun-kebun warga yang didominasi Suku Akit, api juga nyaris membakar penduduk.   

‘’Kebakaran di perkebunan Suku Akit Tanjung Medan, api hampir membakar rumah penduduk, karena sudah sampai ke permukiman. Diperkirakan capai puluhan hektar yang terbakar,’’ujarnya.

‘’Meski sekarang sudah ada aparat yang membantu memadamkan, tapi rasanya agak lambat,’’imbuhnya sambil menjelaskan sampai saat ini kebakaran tidak sampai membakar rumah warga karena dipadamkan oleh warga secara bersama-sama.

Terpisah, T Nursyamsi, ASN yang berdinas di Kuala Kampar menyebutkan, kebakaran lahan sebenarnya sudah terjadi sejak pekan kedua Februari lalu. Pemadaman sudah dilakukan dengan menggunakan mesin robin. Tapi karena lahan yang diamuk api cukup luas dan tidak adanya hujan serta bantuan lain, maka api terus menjalar.

‘’Pak Bupati sempat juga melihat adanya kebakaran lahan itu,’’sambungnya.

Masih menurut Samsi, selain di Desa Teluk, api juga ditemukan di Desa Sokoi masih Kecamatan Kuala Kampar.

Sampai berita ini dirilis Camat Kuala Kampar Robi Ardelino,S.TTP belum berhasil dikonfirmasi terkait kebakaran yang terjadi di kecamatan yang dipimpinnya.amr