Zulkifli AS Tegaskan Jangan Membakar Lahan


riaupotenza.com
Zulkifli AS

DUMAI ( RPZ) Walikota Dumai H Zulkifli AS menegaskan kiranya perusahaan maupun masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan saat ingin mengolah lahan miliknya. Himbauan ini disampaikan Orang nomor satu dikota Dumai, menyusul sempat kurang kualitas udara kota Dumai disebabkan oleh terjadinya kebakaran lahan hingga  menimbulkan asap yang dapat menganggu kesehatan. 

'' Jika perusahaan ataupun masyarakat yang ingin membuka lahan tidak dengan cara melakukan pembakaran, apalagi saat ini musim kemarau. Sebab, jika terbakar sedikit saja maka api akan menjalar kemana – mana'' ungkap Zulkifli AS kepada wartawan baru-baru ini pasca penentapan status siaga darurat Karlahut bagi penanganan kebakaran lagan dabn hutan.

Walikota Dumai ini juga menghimbau masyarakat supaya tidak membakar sampah rumah tangga dulu, karena jika ada pembakaran meski tergolong kecil akan berdampak pada polusi udara juga dan sebaiknya sampah itu di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Dumai menetapkan status Siaga Darurat Karlahut bagi penanganan kebakaran lahan dan hutan, bahkan 150 orang personil gabungan terdiri dari  TNI/Polri, Manggala Agni, BPBD, BNPB, dan Rekdam Distan Kota Dumai terus memadamkan api yang tersebar ditiga kawasan yakni Jalan Nanas, Jalan Batu Bintang, dan Dumai Motor yang keseluruhannya masih berada di Kecamatan Dumai Timur.

Giat pemadaman hingga saat ini terus  dilakukan petugas gabungan serta melaksanakan pemadaman dan pendinginan, guna mengantisipasi titik api baru. Upaya petugas ini cukup terbantu, saat Kota Dumai  Jumat (23/2) dini hari di guyur hujan cukup deras. Bahkan, kabut asap yang biasanya timbul pada pagi hari, sejak Hujan sudah tidak begitu terlihat lagi. (mdi)