Panen Raya Cabe Merah dan Rawit

Bupati Borong Cabe Merah dari Petani


riaupotenza.com
Bupati Kuansing Drs Mursini saat menghadiri acara panen raya cabe merah keriting dan cabe rawit Kelompok Tani Beken Jaya di Desa Benai Kecil, Kecamatan Benai, Selasa (20/2).

Kuansing (RPZ)--Bupati Kuansing Drs Mursini MSi memborong cabe merah keriting dan cabe rawit Cap Panah Merah dari petani. Hal itu pun kemudian diikuti oleh sejumlah pejabat yang ikut rombongan bupati.

Aksi borong cabe tersebut dilakukan orang nomor satu di Kuansing saat menghadiri acara panen raya cabe merah keriting dan cabe rawit Kelompok Tani Beken Jaya di Desa Benai Kecil, Kecamatan Benai, Selasa (20/2).

"Alhamdulillah borong cabe. Tak banyak hanya dua kilo," kata Bupati Mursini kepada Pekanbaru Pos di sela-sela kegiatan, kemarin.

Menurutnya, tekstur tanah di Kabupaten Kuansing sangat baik untuk budidaya tanaman, baik perkebunan maupun pertanian. Menurutnya, bercocok tanam dapat meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat.

"Daerah kita ini surga dunia. Jangan takut gagal. Kalau itu kita kaji, semua kita tak jadi menanam," katanya.

Mursini juga memberikan support kepada petani Beken Jaya di Benai Kecil ini yang telah berhasil budaya cabe merah keriting dan cabe rawit. Ia berharap kepada kelompok tani yang lain agar terus meningkatkan kreatifitasnya dalam bertani.

"Kalau selama ini kita masih tergantung dengan daerah tetangga kita, dengan panen ini bisa berkurang ketergantungan kita," ujarnya.

Sementara kepada dinas terkait, Mursini berharap agar selalu memperhatikan potensi pertanian, termasuk pangsa pasar dan kestabilan harga.

"Sehingga produk pertanian kita ini akan selalu diterima dipasar. Kita berharap kedepan produksi pertanian kita mampu mencukupi kebutuhan lokal masyarakat," ungkapnya.

Lebih dari itu, Bupati berharap kedepan Kuansing bisa mensuplai hasil pertanian ke pasar di luar Kuantan Singingi. Mewujudkan itu, perlu keinginan kuat para petani dan semua pihak berkepentingan lainnya. 

"Sehingga produk pertanian kita menjadi produk unggulan yang diperhitungkan di pasaran. Jangan lupa niatkan ini sebagai bagian dari ibadah kita," harapnya.(cil)