Semuanya Warga Bagansiapiapi

Tiga Tersangka Sabu Ditangkap


riaupotenza.com
bekuk-Tersangka hasil pengembangan Sutikno dihadirkan beserta barang bukti saat diamankan di Mapolsek Batu Hampar.

BATUHAMPAR(RPZ) - Tim Opsnal Polsek Batu Hampar berhasil membekuk tersangka yang diduga sebagai pengedar narkotika jenis sabu. Tersangka Hendi Alias Acai (22) seorang buruh warga Jalan Putra Gama Nomor 25 Kelurahan Bagan Barat ditangkap, Senin (12/2) sekitar pukul 14.00 WIB.

Bahkan setelah dikembangkan alhasil tiga orang tersangka berhasil diamankan dan dua diantaranya merupakan residivis kasus yang sama. Penangkapan langsung dipimpin Kapolsek Batu Hampar Ipda S Sijabat SH di Jalan SMPN2 Batu Hampar di Kepenghuluan Sei Sialang.

Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 paket plastik bening berisikan kristal putih yang diduga Narkotika jenis sabu, 1 kotak rokok berisikan 4 batang rokok serta 1  unit handphone merk Nokia.

Kapolsek menjelaskan, bahwa penangkapan berasal dari informasi masyarakat yang dapat dipercaya dan selanjutnya tim melakukan lidik di lapangan. “Kita bertindak cepat dan tak ingin melewatkan informasi yang berharga tersebut,” kata Kapolsek.

Berdasarkan informasi tersebut, selanjutnya Kapolsek memerintahkan Kanit Reskrim Polsek Batu Hampar Aiptu Rahmad bersama saksi untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

Sekitar pukul 14.15 WIB, Kanit Reskrim Polsek Batu Hampar bersama 2 orang anggota Polsek Batu Hampar dan saksi Ketua RT setempat berangkat menuju ke lokasi yang diinformasikan. “Kita dapati seorang laki-laki sedang berdiri dan mencurigakan dan kita langsung hampiri,” kata Kapolsek.

Kemudian bersama saksi-saksi dilakukan penggeledahan badan ternyata tangan kanan laki-laki tersebut sedang memegang kotak rokok ada 1 bungkus plastik bening yang berisikan butir kristal yang diduga Narkotika jenis sabu, 4 batang rokok dan 1 unit handphone merk Nokia.

Setelah diinterogasi laki-laki dimaksud mengaku bernama Hendi Alias Acai mengatakan, bahwa 1 paket plastik bening yang berisikan butiran kristal diduga Narkotika jenis sabu diperoleh dari Asun yang bertempat tinggal di Jalan Bintang Bagansiapiapi.

Polisi langsung mengamankan tersangka beserta barang bukti dan selanjutnya melakukan pengembangan berdasarkan informasi dari tersangka yang ditangkap.

Setelah dikembangkan keterangan tersangka Hendi, polisi bergegas menuju lokasi Bagansiapiapi. Kerja keras ini membuahkan hasil an berhasil mengamankan dua orang tersangka.

Tersangka Sutikno alias Asun (39) seorang residivis warga Jalan Bintang Nomor 175, Kelurahan Bagan Kota dan rekannya Sardiman alias Diman (51) yang merupakan warga Jalan Pahlawan Nomor 59 Bagansiapiapi.

Barang bukti yang diamankan berupa 2 paket plastik bening berisikan kristal putih yang diduga Narkotika jenis sabu, 1 buah timbangan digital, 1 unit Handphone merk Oppo, 1 unit Handphone merk Samsung lipat. Uang tunai Rp545.000.

Kemudian 1 buah mancis, 2 lembar KTP An. Sukitno, 1 lembar Kartu ATM Bank Mandiri Syariah, 1 buah buku rekening Bank Mandiri Syariah An. Sutikno, 50 batang pipet plastik, 2 buah kaca Pirex, 1 buah kotak rokok serta 50 lembar plastik bening les merah dalam keadaan kosong, 1 buah gunting, 1buah isolasi bening, 1 buah kaleng rokok dan 1 buah dompet kosong.

“Berdasarkan keterangan tersebut, selanjutnya saya dan Kanit Reskrim bersama saksi untuk mengecek kebenaran keterangan tersebut dan melakukan pengembangan,” katanya.

Sekitar pukul 16.00 WIB, Kapolsek, Kanit Reskrim bersama 4  orang personil Polsek Batu Hampar langsung menuju rumah pelaku Sutikno alias Asun di Jalan Bintang Nomor 175 Bagansiapiapi dan kemudian bersama saksi dari masyarakat yaitu Sunyoto dan David Yereminia sebagaimana tersebut diatas.

Saat Tim Opsnal Polsek Batu Hampar memasuki rumah pelaku Sutikno alias Asun, pelaku sedang bersama Sardiman alias Dirman, dan kemudian dilakukan penggeledahan rumah dan badan.

Saat dilakukan penggeledahan di kamar tepatnya di belakang lemari kain ditemukan tempat bedak dan kemudian diperiksa dan disaksikan oleh saksi-saksi ditemukan 2 paket plastik bening berisikan butiran kristal yang diduga Narkotika jenis sabu dan ada juga puluhan plastik bening yang kosong.

Pelaku Sutikno Alias Asun mengakui bahwa 2 plastik bening yang berisikan butiran kristal diduga Narkotika jenis sabu tersebut serta barang bukti lainnya yang tercantum dalam daftar barang bukti adalah miliknya. Selanjutnya terhadap pelaku dibawa dan diamankan di Mapolsek Batu Hampar untuk pengusutan lebih lanjut.

“Jadi dalam sehari kita amankan tiga orang tersangka dan kita kembangkan dalam dua kasus narkotika. Kita siap berantas narkoba dan ini berkat kerja sama masyarakat,” katanya.Der