=Polisi Juga Ada Jadi Korban

Delapan Pencuri dan Narkoba Dibekuk


riaupotenza.com
garong-Inilah 8 anggota komplotan pencuri sekaligus pemain narkoba saat diamankan di Mapolres Rohil.

UJUNGTANJUNG(RPZ) - Jajaran gabungan Sat Polres Rohil berhasil meringkus delapan orang komplotan pelaku pencurian sekaligus pemain narkoba jenis sabu.

Informasi dirangkim di Mapolres Rohil, 7 orang pelaku diringkus itu yakni, Dorlan Parulian Situmeang, Zulkifli Sinaga, Dian Sitorus, Mastro Situmorang, Bertuah Hotma Silalahi, Fredi Hermanto Silalahi dan Wirpan Roganda Pardede dan Surianto alias Anto.

Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH, dikonfirmasi melalui Kasubag Humas Polres Rohil AKP Ruslan, Selasa (13/2) membenarkan hal tersebut. Dijelaskannya, bahwa penangkapan 8 orang komplotan itu berawal dari laporan korban Timbul Pernandus Situmorang (42), warga Jalan Pelita, RT 058, RW 018, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rohil. Dengan Laporan Polisi Nomor: LP/ 10/I/2018 tgl 31 Jan 2018, pelapor tentang pencurian dengan pemberatan (curat).

Kronologis kejadiannya, Ruslan menerangkan, bahwa pada saat kejadian pelapor (korban) bersama istrinya pergi ke tempat kerja dan rumah ditinggalkan dalam keadaan tidak terkunci. Pada pada pukul 08.00 WIB tukang datang untuk merehap rumah korban dan sekira pukul 09.00 WIB, korban mengantar bahan bangunan ke rumah yang pada saat itu rumah masih dalam keadaan rapi. Selanjutnya, korban kembali bekerja dan sekitar pukul 14.00 WIB korban pulang kerja dan mendapati rumah dalam keadaan terkunci.

Lalu, korban menanyakan kepada tukang rumah yang tengah bekerja di luar kenapa rumah terkunci. Tukang rumah itu mengatakan tidak tahu, bahkan pada saat tukang mau mengambil gergaji tidak bisa karena rumah dalam keadaan terkunci. Kemudian, korban melihat pintu belakang sudah dibuka secara paksa, sehingga korban masuk dan mendapati kamar sudah dalam keadaan berantakan. Adapun barang yang hilang adalah perhiasan berlian, emas, laptop, uang Rp3 juta dan tablet satu unit. “Atas kejadian itulah, korban melapor ke Mapolres Rohil untuk dapat ditindak lanjuti,” jelas Ruslan.

Berdasarkan laporan tersebut, lanjut Ruslan, Senin (12/2) team Unit I Pidum memperoleh informasi tentang keberadaan pelaku, sehingga Kanit I Pidum melaporkan kepada Pjs Kasat Reskrim Iptu R Ginting. Atas info tersebut Pjs Kasat Reskrim memerintahkan Unit Opsnal yang dipimpin oleh Ipda Irsanuddin Harahap bergabung dengan Kanit I Pidum Bripka Wira Adhi Kusuma untuk melakukan tindakan kepolisian.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan, Ruslan menjelaskan, Senin (12/2) sekitar pukul 22.00 WIB, tim gabungan Unit Opsnal dan Unit I Sat Reskrim melakukan penangkapan terhadap Dorlan Parulian Situmeang di Hotel Arkemo KM 17 Balam, Kecamatan Bangko Pusako. Dari tersangka ini berhasil diamankan barang bukti (BB) berupa 6 cincin batu akik dan 1 helai kain sarung.

Berdasarkan keterangan dari Dorlan Parulian Situmeang, maka tim gabungan melakukan pengembangan dan melakukan penangkapan terhadap Dian Sitorus dan Mastro Situmorang di meja bilyar KM 37 Balai Jaya, Kecamatan Balai Jaya. Dari dua pelaku ini berhasil diamankan barang bukti (BB) berupa 1 unit Laptop Accer warna hitam milik korban Bripda Sigit Suseno.

Berdasarkan keterangan para tersangka itu pula, maka dilakukan pengembangan dan tim gabungan melakukan penangkapan terhadap  Zulkifli Sinaga saat berada di Warnet Fauziah, Kelurahan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagansinembah.

Selanjutnya tim gabungan melakukan pengembangan dan melakukan penangkapan terhadap Bertuah Hotma Silalahi, Fredi Hermanto Silalahi, Wirpan Roganda Pardede dan Surianto alias Anto yang saat itu berada di Simpang Pujud, Kepenghuluan Bahtera Makmur, Kecamatan Bagansinembah.

Dari para tersangka diamankan barang bukti berupa 1 unit laptop Toshiba warna hitam milik korban Timbul Fernandus Situmorang, 14 paket kecil diduga narkoba jenis sabu, 13 unit HP berbagai merek, 1 unit tas perlengkapan sabu seperti plastik kecil, plasti besar jenis mikha, uang Rp1 juta dan 4 unit bong. “Selanjutnya tersangka berikut barang bukti (BB) dibawa ke Polres Rohil, guna dilakukan penyidikan lebih lanjut,” beber Ruslan.

Terpisah, Pjs Kasat Reskrim Polres Rohil Iptu R Ginting menjelaskan, bahwa dari tindak lanjut dilakukan terhadap para tersangka, bahwa tersangka mengaku sudah lama melakukan aksi pencurian itu. “Jadi, korban pencurian itu tidak hanya Timbul Pernandus Situmorang, tapi masih banyak korban lainnya yang kemungkinan masuk laporan ke Polsek terdekat,” papar R Ginting.

Dijelaskan Ginting, bahwa untuk saat ini sudah ada dua korban pencurian yang membuat laporan di Reskrim Polres Rohil. Diantaranya, Timbul Pernandus Situmorang dan Bripda Sigit Suseno (personil Polres Rohil). “Untuk perkara narkoba nanti akan kita limpahkan ke bagian Sat Narkoba, sehingga nanti ada dua LP dibuat untuk para tersangka ini, untuk mereka pertanggung jawabkan segala perbuatan yang mereka perbuat,” tutup Iptu R Ginting.Fen ).