Alumni Unilak Pekanbaru Jurusan Ilmu Hukum Ini Besok Dilantik


riaupotenza.com
H. Bustami. HY, SH, MM.(dok)

WAJAH kharismatiknya membuat perjalanan karir di birokrasi semakin memuncak. Dua kabupaten, yakni Bengkalis dan Kampar sudah menjadi tambatan hatinya mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Pria kelahiran Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, 7 September 1964 ini memiliki karir birokrasi yang mumpuni.

H. Bustami. HY, SH, MM, Sekda Bengkalis Defenitif yang akan dilantik, Rabu (14/2/2018) di Balai Kerapatan Adat Wisma Daerah Sri Mahkota, Bengkalis ini memiliki profil dan karir yang baik selama menjadi ASN.

Berikut Profil Sekda Bengkalis H. Bustami.HY, SH, MM yang akan menggantikan Plt. Sekda Bengkalis H. Arianto, MP.

Meniti karir dari CPNS Daerah Tahun 1986, hingga Tahun 2000 mendapatkan jabatan pertama sebagai Kepala Sub Bagian Rumah Tangga (Bagian Umum) Bengkalis. Kemudian, di Tahun 2006 naik pangkat dari eselon IV.a ke eselon III.a dan diberi amanah menjabat Kepala Bagian Umum di Sekretariat Daerah Bengkalis.

Setahun lamanya di bagian umum, Bustami. HY, tepatnya Tahun 2007 pindah tugas di Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar. Di kabupaten berjuluk ‘Negeri Seribu Air Terjun’ itu, Bustami mendapat kepercayaan menjabat Kepala Bagian Keuangan Setda Kampar. Jabatan itu di jalankannya hingga Tahun 2012, dan kembali mendapat amanah menduduki jabatan Asisten Administrasi Umum Setda Kampar, jabatan eselon II.b.

Sebagai Asisten Administrasi Umum di Kampar. Bustami hanya diberi amanah jabatan selama kurang lebih 10 bulan lamanya, setelah itu mendapat jabatan baru sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan. Hampir lebih kurang 2 tahun jabatan Staf Ahli disandangnya, dan tepat pada tanggal 4 April 2014. Alumni Stara 1 (S-1) Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, jurusan Hukum Keperdataan Tahun 1996 ini pindah tugas ke Pekanbaru menjabat, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kotamadya Pekanbaru.

Setelah lebih kurang selama 1 tahun bertugas di Pekanbaru. Bustami kembali ke Bengkalis dengan jabatan fungsional di Sekretariat Daerah, sekitar tahun 2015 pasca pemilihan umum (Pemilu) Kepala Daerah Kabupaten Bengkalis. Kemudian di Tahun 2016, tepat pada tanggal 31 Agustus, Bustami kembali diberi amanah menjabat sebagai Kabag Keuangan dengan jabatan eselon III.a, lebih kurang 6 bulan dijalaninya dan ternyata kembali mendapat jabatan baru sebagai Sekretaris Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bengkalis.

Karir birokrasi yang dijalaninya begitu tak terasa, hingga akhirnya Bustami yang mengikuti Asesament (uji kompetensi) bersama 10 Pejabat Tinggi Pratama (PTP) dinyatakan memenuhi syarat atau lulus kompetensi. Sehingga, Jabatan Sekda yang diikutinya mengantarkan Bustami, untuk menjabat Sekda Bengkalis sesuai rekomendasi dari Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Sebelumnya, jabatan Sekda Bengkalis itu diikuti tiga calon pejabat yakni H. A. Ridwan (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Bengkalis, dan Renaldi (Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Bengkalis. Namun, ternyata amanah itu jatuh ke tangan mantan Kabag Umum Bengkalis di era Bupati Bengkalis H. Syamsurizal, MM.

  • RIWAYAT PENDIDIKAN :
  1. SD SEKOLAH DASAR SD. NEGERI 2 RUMBIO - KAMPAR 1979
  2. SLTP SMP SMP. NEGERI RUMBIO - KAMPAR 1982
  3. SLTA SMA SMA. NEGERI SIMPANGTIGA - PEKANBARU 1985
  4. S.1 HUKUM KEPERDATAAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING - PEKANBARU 1996
  5. S.2 MANAJEMEN UNIVERSITAS SATYAGAMA 2001
  • RIWAYAT DIKLAT PIM
  1. PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ADMINISTRASI UMUM (DIKLAT ADUM) PEMDA TK II BENGKALIS 1995.
  2. PENDIDIKAN DAN PELATIHAN STAF DAN PIMPINAN ADMINISTRASI TINGKAT PERTAMA (DIKLAT SPAMA) PEKANBARU 2002.
  3. PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT II (DIKLAT PIM TK.II) LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA – JAKARTA  2009.

 

SUMBER : DISKOMINFOTIK BENGKALIS.(dok)