Bapenda-Kejari Teken MoU Bidang Datun


riaupotenza.com
KERJASAMA : Dalam rangka menguatkan kerjasama di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun). Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bengkalis melakukan kerjasama dituangkan dalam Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis, Selasa (13/2/2018).(sukardi)

BENGKALIS (RPZ) — Dalam rangka menguatkan kerjasama di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun). Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bengkalis melakukan kerjasama dituangkan dalam Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis.

Bertempat di aula pertemuan lantai III Kantor badan pendapatan Daerah (Bapenda) Bengkalis, MoU mengenai Datun itu langsung disepakati antara Kepala Bapenda Imam Hakim, dengan Kepala kejaksaan Negeri (Kejari)  Bengkalis Heru Winoto, Selasa (13/2/2018) pagi.

Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Bengkalis yang diwakili Plt Sekda H Arianto, beserta beberapa Pejabat di lingkungan Pemerintah kabupaten Bengkalis dan Aparatur Sipil negara lingkup Bapenda Bengkalis.

Kepala Bapenda Bengkalis H Imam Hakim, dalam sambutannya mengatakan MoU yang terjalin merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Bapenda dan Kejari Bengkalis. Dengan adanya hal tersebut, artinya kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan kerjasama di bidang Datun. Kerjasama tersebut meliputi bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnnya.

"MoU ini dapat membantu pegawai Bapenda Bengkalis untuk memperoleh dukungan dari Kejari Bengkalis Bengkalis berupa Bantuan Hukum, Pelayanan Hukum dan Tindakan Hukum lainnya apabila berhadapan dengan pihak ketiga, khususnya dalam bidang Perdata dan TUN. Dengan demikian, di masa mendatang tidak terjadi hambatan lagi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang diakibatkan oleh berlarut-larutnya konflik hukum antara pihak-pihak yang berkepentingan dengan pembangunan di daerah ini," ujarnya.

Sementara itu, Plt Sekda menyambut baik adanya MoU ini. Dengan adanya hal itu bertujuan sebagai landasan bagi bapenda Bengkalis dan kejari Bengkalis dalam mendukung usaha akselerasi pendapatan daerah.

"Baik itu dari setoran pajak maupun restribusi daerah. Kita tidak perlu takut , kita telah memiliki bantuan hukum  dari Kejari yang menjamin eksistensi dan optimalisasi penggalian potensi pendapatan daerah," ungkap Arianto.

Arianto berharap kerjasama antara Bapenda dan kejari Bengkalis dapat menjadi sebuah hubungan partner kerja mutualisme yang berkesinambungan dalam konteks hukum dan perundang-undangan.

"Selain harapan tersebut, kami juga ingin menyampaikan bahwa Pemerintah kabupaten bengkalis sangan mendukung upaya yang dilakukan Bapenda dan Kejari ini, baik dalam upaya administratif dan lainnya, karena kita tahu, hal ini sama sama bertujuan untuk menjadikan Kabupaten bengkalis lebih baik kedepannya," ungkapnya.(pmc)