Menristekdikti: Setelah Kalahkan Thailand, Target Kalahkan Singapura


PEKANBARU (RPZ) - Menristekdikti RI Prof H Mohamad Nasir menyebutkan selama lebih dua dekade, atau lebih 20 tahun lamanya, publikasi internasional Indonesia tentang riset, teknologi dan inovasi selalu kalah dari Thailand. Tapi di tahun 2017 lalu, Indonesia sudah melewati Thailand dalam hal publikasi internasional.

"Tahun 2017 ini, publikasi Internasional Indonesia sebanyak 17.569. Sementara Thailand 15.200," kata Menristekdikti saat memberikan sambutan dalam Lounching Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (10/2/2018) malam.

Hadir dalam lounching Hakteknas Riau antara lain Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dan Wakil Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim serta sejumlah pejabat dari Kemenristekdikti dan Pemprov Riau. Ratusan akademisi dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Riau juga terlihat membludak di Balai Serindit.

Menristekdikti menambahkan, setelah mengalahkan Thailand, Indonesia menargetkan akan mengalahkan Singapura dalam publikasi riset internasional. Tahun 2018 ini, Menristeksikti berharap Indonesia bisa unggul atas Singapura.

Pada kesempatan itu, Prof H Mohamad Nasir menyebutkan Lounching Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 di Riau,  merupakan yang pertama di Sumatera. Dirinya berharap pelaksanaan Hakteknas ke 23 di Riau nanti dapat berlangsung sukses. "Mudah-mudahan Presiden akan hadir di Hakteknas Riau tahun ini," kata Menristekdikti.
      
Lounching Hakteknas ke-23 ditandai dengan pemukulan kompang yang dilakukan Menristekdikti H Mohamad Nasir bersama-sama dengan Gubri H Arsyadjuliandi Rachman dan Wagubri H Wan Thamrin Hasyim.

Pada kesempatan itu Menristekdikti juga memuji Provinsi Riau sebagai salah satu provinsi yang meraih Anugerah Budhipura 2017 karena sukses dalam penerapan sistem inovasi daerah. "Selamat untuk Provinsi Riau," kata Nasir.
      
Sementara itu Gubri H Arsyadjuliandi Rachman mengatakan Bumi Lancang Kuning siap menjadi tuan rumah Hakteknas 2018. Amanah sebagai tuan rumah merupakan kehormatan dan kebanggan bagi Provinsi Riau. (Izl)