Duh, Gara Buka Lahan dengan Cara Membakar, Warga Bagan Keladi Inipun Diamankan


riaupotenza.com
AKBP Restika P Nainggolan, Kapolres Dumai

DUMAI (RPZ)-- MA alias Anto (37) warga jalan Garuda Gang Sunan Giri kelurahan Bagan keladi Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai ini terpaksa harus berurusan dengan pihak kepolisian Sektor (Polsek) Dumai Barat. Pria bekerja sebagai Petani ini diamankan pihak Polsek Dumai Barat, karena diduga membuka lahan dengan cara membakar hingga sempat meluas.

Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan didampingi Paur Humas Polres Dumai Iptu Jamaluddin membenarkan adanya pengungkapan kasus kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla) oleh Polsek Dumai Barat bertempat di jalan Parit Sadak Bagan Keladi Kecamatan Dumai Barat kota Dumai.

Dijelaskan, Jumat (9/2) sekitar pukul 14.00 wib, anggota Polsek Dumai Barat mendapat laporan dari masyarakat, bahwa lahan di jalan Parit Sadak RT 06 Kelurahan Bagan Keladi Kecamatan Dumai Barat dalam keadaan terbakar. Kemudian pelaporpun mendatangi TKP dan melihat lahan yang di tumbuhi semak belukar terbakar. 

'' Anggota Polsek Bukit Kapur melihat arah api menjalar dari lahan yang di kerjakan oleh MA Alias Anto (37) yang hendak membuka lahan untuk menanam sayur yang dikelola dengan luas lebih kurang 40 x 50 meter. Terlapor membuat purunan di lahan yang ia kelola tersebut sebanyak 4 purunan dengan 2 purunan yang sudah terbakar dan 2 purunan belum terbakar''ujar Kapolres Dumai. 

Katanya, dari keterangan MA melakukan pembakaran dilahan yang dikelola pada Senin (5/2) sekitar pukul 06.00 Wib. MA membuat sebanyak 4 purunan kemudian ia membakar 1 purunan setelah api menjalar ke sekitaran lahan tersebut, MA memadamkan purunan yang ia bakar tersebut, 

Selanjutnya Selasa (06/2) sekitar pukul 07.00 Wib kembali membakar purunan yang kedua, kemudian menjalar kembali ke sekitaran lahan tersebut dan mulai meluas. Kemudian MA memadamkan api disekitaran lahan yang ia kelola yang mulai meluas. Kegiatan pemadaman api yang ia lakukan di lahan tersebut sampai hari Kamis (08/2) sekitar pukul 09.00 Wib. 

kemudian kata Kapolres, Jumat (9/2) sekitar pukul 07.00 Wib MA alias Anto mendatangi lahan yang ia kelola tersebut untuk mencangkul tanah yang hendak ia tanami sayur. Sekitar pukul 08.00 wib, MA pun selesai kegiatan menanam dan langsung pulang ke rumah. Sekitar pukul 13.00 Wib saksi bernama Gun alias Sigun  sedang berada dilahannya tepatnya di depan lahan yang dikelola MA alias Anto dan melihat api yang menjalar di lahan MA sudah mulai membesar.

Saksipun memanggil warga sekitar untuk memadamkan api dan menghubungi MA alias Anto untuk datang ke lahan tersebut dan memberitahukan bahwa lahannya sudah terbakar.
Tak lama kemudian MA alias Anto bersama istri langsung ikut memadamkan lahan sekitar yang terbakar.

'' Atas Kejadian tersebut terlapor dan barang bukti dibawa ke polsek Dumai Barat untuk proses penyidikan dan dilakukan olah TKP
, membuat laporan, memeriksa saksi saksi
 serta menyita barang bukti berupa satu buah mancis warna merah, dua Buah Cangkul, satu buah besi pengaruk dan kayu bekas bakaran''demikian Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan.(mdi)